Jatuh Bangun to Learn Something

Hai Leaders!

Pernahkah kalian merasa kecewa karena tidak mendapatkan apa yang kalian inginkan? Lalu apa yang kalian lakukan? Menyerah? Atau bangkit dan berjuang kembali?

Kalau saya yang ditanya, tentu saya akan menjawab bahwa saya pernah berkali-kali kecewa. Salah satunya, ketika baru menjadi Young On Top Campus Ambassador, saya sempat mengajukan diri menjadi Treasury Director dan PIC Energy. Namun, karena saya masih harus meningkatkan kompetensi dan kualitas diri saya, Tuhan belum memberikan saya kesempatan untuk posisi itu. Saya pun tidak patah semangat. Saya kemudian mendaftarkan untuk menjadi PO Love Donation. Saya sangat antusias untuk membuat program kerja terbaik yang dapat saya buat (padahal masih bingung cara membuat program kerja itu kayak gimana). Namun, ternyata Tuhan punya rencana lain untuk saya. Saya malah terpilih menjadi PO Gemas Gemus. Kebetulan saat itu tiba-tiba diumumkan bahwa kandidat boleh mengajukan 2 pilihan, dan saya pun menaruh Gemas Gemus sebagai pilihan kedua tanpa ada bayangan sedikit pun tentang acara ini.

Perasaan kecewa tentu ada dalam benak saya karena saya sudah begitu serius dan semangat untuk Love Donation, tapi ternyata saya malah mendapat pilihan kedua yaitu Gemas Gemus. Namun, saya berusaha untuk tidak larut dalam kekecewaan. Walaupun tidak menjadi PO Love Donation, saya tetap bisa berkontribusi di sana dengan menjadi sekretaris. Saya juga senang ide saya untuk mengadakan donor darah di kampus-kampus dapat diterima dan dijalankan. Saya terus berpikir bahwa Tuhan pasti punya rencana untuk saya. Tuhan pasti lebih tahu apa yang saya butuhkan, dan saya pun mulai merasakannya sekarang. Saya sadar, saya tidak mendapatkan posisi-posisi yang sebelumnya saya cari karena memang saya masih harus memantaskan diri untuk posisi itu.

Ini juga merupakan kali pertama saya menjadi leader sebuah kepanitiaan. Degdegan. Takut. Merasa minder duluan membayangkan tim saya nanti adalah orang-orang yang lebih hebat dari saya. Tak mau kalah dalam ilusi, saya tetap memberanikan serta meyakinkan diri saya bahwa saya bisa. Di sinilah tempat saya belajar. Saya mendapat banyak pelajaran dan pengalaman, mulai dari cara membuat proposal yang baik, menulis email yang baik, kontraprestasi sponsorship, menanggapi masalah & mengambil keputusan, berkomunikasi dengan orang lain, dan masih banyak lagi.

Awalnya saya juga sempat berpikir, bahwa saya tidak akan enjoy dengan posisi ini. Namun saya salah besar. Saya malah menikmati apa yang saya lakukan sekarang. Walaupun itu melelahkan, saya tetap senang mengerjakannya. Ketika dihadapkan dengan tugas kampus dan tugas Gemas Gemus, saya lebih memilih untuk mengerjakan Gemas Gemus things. Hehe.

Jadi, saya mendapat 2 pelajaran penting di sini. Pertama, apa pun yang kita dapatkan, kita harus yakin bahwa itulah yang terbaik untuk kita dan kita harus tetap menunjukan yang terbaik dari kita. Kedua, walaupun perkerjaan atau tugas yang kamu dapatkan itu tidak sesuai dengan yang kamu ingingkan, just try to love it and do the best!

  




By : Ni Putu Ayu Frida Ningsih

Posted on October 11, 2015 read:92

  • YOT New Edition + T-Shirt

    IDR 149,500




  • rss 
  • youtube 
  • instagram 
  • facebook 
  • twitter