Jenis Hubungan Pertemanan

 

Hi YOTers! Tahukah kamu bahwa hubungan pertemanan terbagi ke dalam beberapa jenis? Yap, tidak semua hubungan pertemanan dikategorikan ke dalam jenis yang sama, terdapat pengelompokkan yang didasari pada karakteristik masing-masing hubungan. Pada artikel ini akan dibahas mengenai jenis-jenis hubungan pertemanan dalam konteks komunikasi antarpribadi.

Sebelum masuk ke dalam pembahasan, alangkah baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu pengertian dari hubungan pertemanan. Pertemanan adalah hubungan antarpribadi diantara individu yang interdependen, bersifat saling produktif, dan saling menghargai. Hubungan pertemanan dapat dijalin dengan siapa saja dan di mana saja. Namun, dari sekian banyak hubungan pertemanan yang kita jalin, tidak semua memiliki karakteristik yang sama. Devito dalam bukunya The Interpersonal Communication Book memaparkan jenis-jenis hubungan pertemanan, sebagai berikut:

a.      Reciprocity

Jenis hubungan ini ditandai oleh kesetiaan, pengorbanan, saling menghargai, dan kemurahan hati dari kedua pihak. Contoh: sahabat, peer group.

b.      Receptivity

Di dalam jenis hubungan ini setiap individu berperan sebagai pemberi dan penerima. Ada ketidakseimbangan yang positif karena setiap individu akan mendapatkan sesuatu dari hubungan itu. Contoh: guru – murid, dokter – pasien.

c.       Association

Jenis hubungan ini bersifat sementara, dan secara umum ditemukan pada hubungan dengan teman sekolah, tetangga, rekan kerja. Di sini tidak ada kesetiaan yang besar, tidak perlu saling berbagi secara intensif, tidak ada kesetiaan dan pengorbanan yang besar.

 

Nah, dari paparan di atas kita bisa memahami termasuk jenis hubungan yang manakah kita dengan orang lain. Dengan begitu, kita bisa menempatkan diri pada posisi yang tepat di dalam sebuah hubungan pertemanan dan diharapkan mampu saling memahami satu sama lain.

Sumber:

Devito, Joseph A. (2013). The Interpersonal Communication Book. Pearson: New Jersey

09:36 WIB

  




By : Mory Wulandari

Posted on November 21, 2015 read:132

  • YOT New Edition + T-Shirt

    IDR 149,500




  • rss 
  • youtube 
  • instagram 
  • facebook 
  • twitter