KEEP LEARNING

“Semua tempat adalah sekolah” – Anonim.

Pepatah satu ini sangat populer di telinga kita. Semua tempat adalah sekolah. Makna sekolah disini adalah tempat belajar. Mungkin setiap orang akan menganggukkan kepala tatkala mendengar pepatah ini., begitupun dengan penulis.

Belajar tak melulu di sekolah. Belajar bukan hanya duduk mendengarkan pendidik berceramah di kelas. Belajar tidak selalu membaca buku demi buku. Lebih luas lagi, belajar adalah bagaimana seseorang bisa mempelajari setiap proses kehidupan.

Setiap pengalaman hidup adalah alat untuk belajar. Bahkan, media pembelajaran di kehidupan jauh lebih banyak daripada yang disediakan di sekolah formal. Ketika di sekolah hanya ada papan tulis, LCD, Spidol, penghapus, serta laboratorium, di kehidupan yang sebenarnya terdapat laboratorium pembelajaran terbesar di dunia!

Belajar untuk menghargai, belajar untuk bersabar, belajar untuk disiplin, semuanya ada di kehidupan. Salah satu contohnya adalah ketika kita terjebak macet di jalanan. Suhu Jakarta yang menyengat ditambah orang-orang yang berebut jalan mungkin akan membakar amarah kita. dari situ kita bisa belajar untuk menghargai orang lain, dan tentunya, bersabar.

Tak hanya itu, belajar di kehidupan adalah pelengkap dari pembelajaran di sekolah formal. Ketika di sekolah kita belajar bagaimana hukum-hukum Fisika bekerja, bagaimana bahaya reaksi Kimia, bagaimana menghitung matematis, atau bagaimana menggunakan uang secara ekonomis, di kehidupan kita akan belajar menerapkan itu semua.

Keep learning. Seperti yang saya tulis di bio akun twitter, merupakan sebuah motto sekaligus pengingat untuk selalu belajar dan belajar. Apalagi agama menjelaskan bahwa belajar itu sejak lahir sampai masuk ke liang lahat. Jadi, dont stop learning everything.

Banyak orang tak sadar bahwa mereka telah mendapat banyak pembelajaran di kehidupan. Kita tak boleh hanya terpaku kepada sekolah formal dengan sistem empat dinding dan gurusentris, tapi kita harus membuka mata akan miliaran pembelajaran di kehidupan.

 

Ahmad Zulfiyan, YOT Campus Ambassador Batch 5 Universitas Negeri Jakarta.

  




By : Ahmad Zulfiyan

Posted on June 04, 2014 read:204

  • YOT New Edition + T-Shirt

    IDR 149,500




  • rss 
  • youtube 
  • instagram 
  • facebook 
  • twitter