Kenapa Harus Menulis?

Why should I write?” Pertanyaan tersebut seringkali terlontar dalam benak atau pikiran kita. Mindset seperti ini yang harus segera dirubah. Menulis bisa menyampaikan opini maupun pikiran. Kritik dunia luar mengenai kualitas Sumber daya manusia Indonesia yang cenderung ‘diam' tidak bisa dipungkiri. SDM kita memang lack dalam faktor kemampuan mengungkapkan gagasan atau pendapat secara tulis maupun lisan. Lebih tepatnya, minim akan niat menuangkannya. Jangan salah, menulis butuh latihan. Latihan dalam memperluas wawasan kosakata maupun menyusun kata-kata. Buktikan bahwa SDM kita mampu menghasilkan menyuarakan ide-ide emas karena dengan menulis kita dapat:

 

1. Remove Stress from Mind

Menulis dapat menjadi terapi. Hal ini dapat menjadi cara untuk melampiaskan semua frustrasi yang terpendam dan membebani pikiran dengan menuangkan segalanya dalam secarik kertas atau media penuangan tulisan lainnya. YOTers dapat mengatasi kemarahan, rasa takut, khawatir dan stres sebab mampu mengatakan apa yang tidak bisa mengatakan dengan keras dalam kehidupan nyata.

 

2. Review Your Day

Pada akhir setiap hari, semua orang sukses dan produktif biasanya akan berpikir dan merenungkan apabila apa yang telah mereka lakukan memiliki arti dan memberikan kontribusi bagi lingkungan sebelum beranjak tidur. Mereka tidak pernah berhenti untuk me-review apabila tujuan yang sudah tercapai sejalan dengan visi mereka secara keseluruhan. Dari situlah, mereka membuat rencana untuk melacak kemajuan dan membuat catatan untuk berusaha menjadi lebih baik dari hari sebelumnya. Dengan meninjau hari dan menuangkannya dalam sebuah tulisan, YOTers memaksa diri YOTers untuk menjelaskan apa yang YOTers inginkan dan menjadi termotivasi untuk mengambil tindakan sesuai tujuan. 

 

3. Keep Your Writing Skills Sharp

 

4. Make Some Pocket Money

 

5. Turn the Noise Off

Terkadang, sangat penting bagi diri kita untuk menjauhi useless distractions seperti menonton serial atau drama, serta menjaga kebisingan rutinitas YOTers ke dalam level minimum agar dapat fokus pada menciptakan dan menerima materi yang kuat yang benar-benar layak untuk dibaca dan ditulis.

6. Enhance Your Communication Skills

 

7. Vocabulary Maintenance and Expansion

 

8. Develop Your Analytical Skills

 

9. Dream Recall

 

10. Meet Yourself All Over Again

 

Goresan karya tulisan YOTers bisa dimuat di website, blog, media sosial, journal, diary, atau media penuangan tulisan lainnya. Setelah menulis, jangan lupa untuk di-share ya! Cerahkan dunia dengan tulisan!

  




By : Levina Caroline

Posted on December 12, 2015 read:58

  • YOT New Edition + T-Shirt

    IDR 149,500




  • rss 
  • youtube 
  • instagram 
  • facebook 
  • twitter