Kita pernah mengukir sejarah

Hai YOTers… Saya menulis notes, kebanyakan hasil cerita dari dosen-dosen saya. Karena banyak sekali pengetahuan dan pengalaman dari para dosen yang bisa dijadikan renungan, baik untuk diri sendiri maupun untuk bangsa ini. Hari Kamis, ada mata kuliah pengganti Kajian Strategi & Resolusi Konflik (ga penting dikasih tau ya YOTers?). Materi mata kuliah ini banyak membahas tentang sejarah perang, ideologi sampai ke alutsista. Termasuk juga pesawat.

Maksutnya apa sih saya menulis ini? Kok keliatan ga jelas… hahaha. Itu hanya intro saja, yang masu diceritakan disini adalah pesawat N-250. Tau ga itu pesawat apa? Darimana? Buatan siapa? Yang udah pernah nonton ‘Habibie & Ainun’ pasti tau. Film ini juga hits banget waktu itu.

Dari Wikipedia, Pesawat N-250 adalah pesawat penumpang sipil (airliner) regional, komuter turboprop rancangan asli IPTN (Sekarang PT Dirgantara Indonesia,PT DI, Indonesian Aerospace), Indonesia. Menggunakan kode N yang berarti Nusantara menunjukkan bahwa desain, produksi dan perhitungannya dikerjakan di Indonesia.

Nah, saya baru tahu ada sesuatu hal yang ditorehkan anak bangsa dalam sejarah penerbangan dunia. Ini karena tahu dari dosen saya. N-250 ini adalah pesawat pertama yang menggunakan teknologi ‘Fly By Wire’.  Fly by wire adalah sebuah sistem kendali yang menggunakan sinyal elektronik dalam memberikan perintah. Bisa dibayangkan ya YOTers, keadaan Negara kita saat itu masih dianggap Negara yang baru merdeka. Umurnya juga masih muda dibanding Negara-negara yang (katanya) superpower. Dari penemuan teknologi baru ini, kemudian Negara-negara lain mulai mengikuti. Memang sangat disayangkan produksi pesawat ini harus dihentikan karena krisis yang terjadi di Indonesia dan membawa dampak pada peminjaman dana dari luar negeri. Siapa yang tahu pemberhentian pesawat itu ada campur tangan dari organisasi yang meminjamkan dana ke Negara kita? We often blaming the wrong person, without knowing the truth….

Jadi YOTers, yang ingin disampaikan disini adalah sebenarnya Indonesia ini adalah Negara yang kaya, selain sumber daya alamnya yang berlimpah, juga banyaknya anak-anak bangsa yang unggul. Namun potensi-potensi yang ada itu kadang tak terlihat karena banyaknya kendala dari dalam maupun luar. Tapi diluar itu, coba pikir deh YOTers, sumber daya alam dan manusia kita ada dan banyak. Potensi-potensinya pun tidak kalah dengan Negara lain bahkan Negara-negara di bagian barat. Indonesia bisa mengukir sejarah seperti salah satu contoh tadi. Tapi terkadang mental kita itu sudah runtuh duluan dan pesimistik. Sedangkan orang di barat itu sangat pede dan sangat membanggakan negaranya. Kita mulai sekarang harus rubah mindset itu ya YOTers. Gimana mau bersaing kalau kita sendiri ga pede dengan potensi kita. Show your potential, Show your masterpieces to the world!

See U on TOP!

 

Eriska Nugrahani

Universitas Al Azhar Indonesia

Young On Top Campus Ambassador

  




By : Eriska Nugrahani

Posted on April 18, 2015 read:130

  • YOT New Edition + T-Shirt

    IDR 149,500




  • rss 
  • youtube 
  • instagram 
  • facebook 
  • twitter