Kita ya kita


Di zaman globalisasi ini memiliki dampak yang sangat terlihat ya YOTers. Arus pertukaran barang dan informasi sangat cepat dengan ditunjangnya teknologi yang semakin memudahkan kita untuk bekerja. Bisa dirasa apabila diera 80an/90an awal, handphone merupakan barang yang masuk kedalam kebutuhan tersier. Kemudian sekarang bergeser menjadi kebutuhan primer. Orang akan merasa panik jika ia ketinggalan hp-nya. 

Jaman dulu, ketika komputer baru saja diciptakan ya YOTers, tau ga komputernya sebesar apa? 1 ruangan! Sekarang? Sudah ada komputer yang sangat tipis, bisa dibawa kemana-mana, ada berbagai ukuran, bahkan ada yang namanya tab. Inilah hal kecil dari banyaknya dampak globalisasi. Selain itu YOTers, ada juga nih yang namanya transfer kebudayaan. Kita bagaikan berada pada zaman dimana belum terciptanya negara, dunia menjadi satu. Budaya barat menyerbu timur. Dan negara-negara Timur yang umumnya dianggap sangat menjunjung norma-norma leluhur mulai luntur akibat globalisasi. 

Saya sangat terenyuh ketika mendapati guyonan disebuah buku. Intinya menyiratkan bahwa bedanya anak jaman sekarang dan jaman dulu adalah jaman dulu, jika anak tidak bermain diluar rumah, maka anak tersebut tidak akan punya teman. Namun jika dilihat sekarang, anak sekarang lebih homey ketimbang main diluar. Ada banyak dampak globalisasi yang merugikan Indonesia, terlebih lagi pada anak muda. Banyak anak muda yang suka meniru kebarat-baratan. Ingat ya YOTers… ‘kebarat-baratan’ bukan meniru ‘barat’.

Bukannya tidak boleh ya YOTers, namun harus diimbangi dengan jati diri bangsa kita yang menjunjung tinggi nilai-nilai leluhur. Jangan malu menjadi Indonesia. Justru kita harus mencerminkan bahwa kita adalah orang Timur. Diri kitalah cerminan bangsa. Kita harus lebih bangga jika menang sebagai perwakilan dari Indonesia ketimbang bekerja dalam perusahaan asing.

Jadi YOTers…. Kita boleh meniru barat seperti kepribadian orang barat yang disiplin, on time, berani, dsb. Namun kita juga harus menjunjung tinggi adab kesopanan dan sebagainya.

 

See U on TOP!

 

Eriska Nugrahani

Universitas Al Azhar Indonesia

Young On Top Campus Ambassadors

  




By : Eriska Nugrahani

Posted on February 21, 2015 read:128

  • YOT New Edition + T-Shirt

    IDR 149,500




  • rss 
  • youtube 
  • instagram 
  • facebook 
  • twitter