Kombinasi Panca Indra dan Pikiran dalam Pengambilan Keputusan

Pemimpin itu sangat erat dengan yang namanya decision making. Nah, sebagai pemimpin, kita harus mempunyai pemikiran yang matang dan tidak boleh asal dalam mengambil keputusan. Pemimpin yang baik akan menggunakan bantuan panca indra dan pikirannya untuk mengambil keputusan. How?

Pemimpin sebaiknya tidak langsung percaya pada laporan yang diberikan timnya (apa yang dia dengar). Tidak percaya ini bukan berarti si pemimpin tidak menaruh kepercayaan pada tim, tapi tujuannya adalah ketelitian dalam menerima informasi. Kesalahan dalam penerimaan informasi akan berdampak pula pada keputusan yang akan diambil. Oleh karena itu, pemimpin harus tetap teliti dalam menerima informasi.

Tidak hanya mendengar, pemimpin harus menggunakan matanya untuk mengobservasi apa yang terjadi. Kemudian cobalah untuk membandingkan apa yang kamu dengar, lihat, cium, dan rasakan. Apakah semuanya sama? Atau ada yang tidak sejalan antara apa yang kamu lihat dan yang kamu dengar. Barulah kemudian dipikirkan kemungkinan-kemungkinan yang terjadi. Kenapa bisa terjadi perbedaan? Apa yang salah? Setelah mengetahui perbedaan tersebut, cobalah selidiki kebenarannya. Ketepatan dari keputusan yang kamu ambil itu sangat ditentukan juga oleh keakuratan informasi yang kamu terima. So, be careful with all information that you are received. 

  




By : Ni Putu Ayu Frida Ningsih

Posted on October 11, 2015 read:96

  • YOT New Edition + T-Shirt

    IDR 149,500




  • rss 
  • youtube 
  • instagram 
  • facebook 
  • twitter