Learning by Sharing

"Every single person is unique, be the most unique you"

Beberapa waktu yang lalu, tepatnya hari Sabtu 8 Agustus 2015, saya berkesempatan untuk “sharing” dengan pengurus-pengurus OSIS MA dan MTs di yayasan Al-Huda, Desa Cilegong, Purwakarta. Sharing ini merupakan salah satu rangkaian program KKN (kuliah kerja nyata) yang sedang saya jalankan saat ini. Adapun materi dan tema sharing saya adalah seputar Leadership dan karakter seorang leader. Alasan saya memilih materi leadership adalah bukan karena saya memiliki ilmu yang sangat banyak tentang leadership tetapi justru karena saya masih jauh dari kata paham dalam memaknai leadership dan saya ingin lebih dalam lagi mempelajari leadership dari pengurus-pengurus OSIS di yayasan Al-Huda.

Saya sangat terinspirasi dengan gaya bicara dan manajemen kelas salah satu mentor Young On Top yaitu Mas Ricky Setiawan, dan gaya belialulah yang saya coba adopsi ketika sharing di yayasan Al-Huda. Kurang lebih konten sharing saya adalah introduction, sharing session, games, dan conclusion.

Mas Billy suatu waktu pernah berkata bahwa kunci-kunci sukses di usia muda dalam buku yang telah ditulisnya semuanya adalah common sense. Artinya, hal tersebut jika boleh saya artikan adalah hal yang terjangkau nalar, tidak aneh, dan sebenarnya semua bisa memahaminya. Namun yang paling penting bukanlah memiliki kuncinya, tetapi bagaimana kita memahami tata cara yang benar untuk menggunakan kunci tersebut untuk membuka pintu (misalnya).

Sama halnya yang saya jelaskan dan share kepada teman-teman OSIS di yayasan, saya hanya menyebutkan dan sedikit menjelaskan apa saja sifat-sifat yang seharusnya dimiliki oleh seorang pemimpin/leader. Dan sebagian besar dari pengurus OSIS tersebut saya yakin juga sudah memahami dengan baik sifat-sifat tersebut. Hanya saja, apakah mereka sebagai leader di lingkungan sekolahnya sudah mempraktekkan sifat-sifat tersebut? Biarlah itu menjadi pertanyaan yang akan mereka jawab sendiri.

Melalui beberapa games yang saya berikan kepada mereka, dapat saya katakan bahwa teman-teman pengurus OSIS di yayasan Al-Huda memanglah orang-orang pilihan. Sebagian besar dari mereka sudah menunjukan karakter seorang pemimpin yang salah satunya adalah berani untuk action. Mereka sudah berani bertanya (which is good), berani tampil di depan (even greater), dan share mengenai cita-cita mereka (which is awesome).

In the end, saya menyimpulkan dan menutup sesi sharing dengan kata attitude, sebagai salah satu hal yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin. Karakter yang kuat, yang gigih, yang humble, dan yang lainnya, wajib dimiliki oleh seorang LEADER. Dan karakter itu hanya akan terbentuk jika kita mau belajar.

Belajar selagi hayat masih dikandung badan.

 

Gibran Qadaranta - UNJ - @gibqar

  




By : Gibran Qadaranta

Posted on August 13, 2015 read:92

  • YOT New Edition + T-Shirt

    IDR 149,500




  • rss 
  • youtube 
  • instagram 
  • facebook 
  • twitter