Leukemia (1)

Leukemia (1)

            Halo Yoters. Sudah pada tahu kan kalau hasil donor darah Love Donation 2016 mendatang akan diberikan kepada para penderita Leukimia di salah satu Yayasan di Jakarta? Nah, agar mengenal lebih jauh tentang leukemia, kali ini saya akan membahas sedikit tentang leukemia. Apa itu leukemia? Leukemia adalah bentuk kanker yang menargetkan darah. Seperti yang diketahui bahwa darah mengandung berbagai jenis sel seperti sel darah merah, sel darah putih (leukosit), dan trombosit. Siklus hidup normal sel-sel ini (pembentukan, pertumbuhan, fungsi dan kematian) dikendalikan sebagian oleh sumsum tulang. Dalam banyak kasus, jika kontrol atas siklus hidup leukosit terganggu, maka terjadilah leukemia. Jumlah leukosit akan lebih tinggi dari sel-sel darah lainnya, mereka akan berhenti mati seperti pada normalnya/umumnya dan mereka tidak akan melaksanakan fungsinya dalam tubuh, seperti melawan infeksi dan penyembuhan luka.

            Leukosit dapat terbentuk dari garis keturunan sel yang berbeda, limfoid atau myeloid. Sel keturunan yang terkena kanker menentukan jenis leukemia dan mempengaruhi, dapat secara tiba-tiba atau "akut" atau dapat berkembang perlahan atau "kronis".

1.      Leukemia Akut

Leukemia akut biasanya berkembang dengan cepat. Jumlah sel-sel leukemia meningkat pesat, dan sel-sel abnormal tidak melakukan pekerjaan sel darah putih normal. Sebuah tes sumsum tulang mungkin menunjukkan tingkat tinggi sel-sel leukemia dan rendahnya tingkat sel darah normal. Orang dengan leukemia akut biasaya merasa sangat lelah, mudah terjadi memar, dan sering terjadi infeksi.

2.      Lekemia Kronis

Leukemia kronis biasanya berkembang secara perlahan. Sel-sel leukemia bekerja hampir sama dengan sel darah putih normal. Orang mungkin tidak merasa sakit pada awalnya, dan tanda pertama dari penyakit adalah hasil yang abnormal pada tes darah rutin. Misalnya, ketika tes darah, hasilnya menunjukkan tingkat tinggi sel-sel leukemia. Jika tidak segera diobati, sel-sel leukemia mungkin kemudian mendesak sel-sel darah normal.

 

Jenis-jenis Leukemia

Ada beberapa jenis Leukemia:

1.      Acute Myeloid Lekemia (AML)

AML mempengaruhi sel-sel myeloid dan tumbuh cepat. Sel blast leukemia berkumpul di sumsum tulang dan darah. AML ini paling banyak menyerang orang dewasa.

2.      Acute Lymphoblastic Leukemia (ALL)

ALL mempengaruhi sel limfoid dan tumbuh dengan cepat. Sel blast leukemia biasanya berkumpul di sumsum tulang dan darah. ALL ini paling banyak menyerang anak-anak.

AML dan ALL memilki persamaan. Pada penyakit ini, sel leukemia akut asli melanjutkan untuk membentuk sekitar lebih dari satu triliun sel-sel leukemia. Sel-sel ini digambarkan sebagai “non fungsional” atau tidak berfungsi karena mereka tidak bekerja seperti sel normal. Mereka juga mendesak keluar dari sel-sel normal di sumsum. Hal ini menyebabkan penurunan jumlah sel-sel normal baru yang dibuat di sumsum. Hal ini akan menyebabkan rendahnya jumlah sel darah merah dalam tubuh (anemia), rendahnya jumlah trombosit (risiko perdarahan) dan rendahnya jumlah neutrofil (risiko infeksi).

3.      Chronic Myeloid Leukemia  (CML)

CML mempengaruhi sel-sel myeloid dan biasanya tumbuh lambat pada awalnya. Tes darah menunjukkan peningkatan jumlah sel darah putih. Sel leukemia yang dimulai penyakit ini membuat sel-sel darah (sel darah merah, sel darah putih dan trombosit) terlihat berfungsi hampir sama seperti sel normal. Jumlah sel darah merah biasanya kurang dari normal (rendah), sehingga terjadi anemia. Tetapi terkadang banyak sel darah putih dan trombosit masih diproduksi. Meskipun sel darah putih hampir normal, jumlahnya dikategorikan tinggi dan terus meningkat. Hal ini dapat menyebabkan masalah serius jika pasien tidak mendapatkan perawatan. Jika tidak diobati, jumlah sel darah putih bisa naik begitu tinggi sehingga aliran darah melambat dan anemia menjadi parah.

CML pada umumnya menyerang orang dewasa.

4.      Chronic Lymphocytic Leukimia (CLL)

CLL mempengaruhi sel limfoid dan biasanya tumbuh secara perlahan. Tes darah menunjukkan adanya peningkatan jumlah sel darah putih. Sel-sel abnormal bekerja hampir sama dengan sel-sel darah putih normal. Sel leukemia yang dimulai dari penyakit ini membuat terlalu banyak limfosit yang tidak berfungsi. Sel-sel ini menggantikan sel-sel normal di dalam sumsum dan kelenjar getah bening. Mereka mengganggu pekerjaan dari limfosit normal, melemahkan respon imun pasien. Tingginya jumlah sel-sel leukemia di sumsum dapat mendesak sel-sel pembentuk darah normal dan menyebabkan jumlah sel darah merah menjadi rendah (anemia). Jumlah yang sangat tinggi dari sel-sel leukemia di sumsum tulang juga dapat menyebabkan rendahnya jumlah sel darah putih (neutrofil) dan trombosit.

Berbeda dengan tiga jenis leukemia lainnya, beberapa pasien dengan CLL mungkin tidak memiliki kemajuan dalam jangan waktu yang lama. Beberapa orang dengan CLL memiliki sedikit perubahan sehingga mereka tetap dalam kesehatan yang baik dan tidak perlu pengobatan untuk jangka waktu yang lama. Pasien lain memerlukan perawatan pada saat setelah didiagnosis.

Secara umum, leukemia adalah salah satu jenis kanker yang paling umum terjadi pada anak-anak. Setelah mengganggu fungsi sistem kekebalan tubuh, menyebabkan demam dan infeksi, kanker mengganggu produksi sel darah lainnya, yang mengakibatkan anemia dan perdarahan. Seorang anak yang menderita leukemia akan terlihat pucat, sesak napas dan sering terjadi memar dan mudah berdarah untuk jangka waktu yang lama. Sel-sel leukemia juga dapat terakumulasi dalam organ yang berbeda dalam tubuh dan memicu serangkaian gejala termasuk sakit kepala, kebingungan, nyeri sendi atau tulang, dan pembengkakan yang menyakitkan.

            Nah, teman-teman. Sudah pada jelas kah mengenai Leukimia? Atau mau tau lebih mendalam mengenai faktor risiko, tanda dan gejala, dan pengobatan dari leukemia? Tunggu artikel saya yang kedua ya mengenai “Leukemia (2), Mengenal Lebih Dalam Leukemia”.

 

 

Qonitah Azzahra

Gizi – Universitas Indonesia

  




By : Qonitah Azzahra

Posted on November 21, 2015 read:237

  • YOT New Edition + T-Shirt

    IDR 149,500




  • rss 
  • youtube 
  • instagram 
  • facebook 
  • twitter