Life Without Limits

Kali ini saya akan membahas tentang salah satu inspirasi saya. Ialah Nick Vujicic, lahir dengan sindrom Tetra-amelia, gangguan langka Characterised oleh tidak adanya keempat anggota badan.Mungkin saya akan sedikit bercerita ya YOTers tentang pengalaman Nick berdasarkan bukunya "Life Without Limits"

Seperti yang sudah disebutkan diatas, Nick lahir dengan tidak adanya keempat anggota badannya. Ibunya seorang suster. Nick adalah anak pertama, oleh sebab itu kelahiran Nick sangat dinanti-nantikan. Sewaktu mengandung Nick, dokter tidak bicara apa-apa jika ada kelainan yang terjadi pada janin. Dokter hanya berkata bahwa bayinya laki-laki. Kemudian sampailah pada hari dimana Nick dilahirkan, 4 Desember 1982. Pertanyaan pertama yang ditanyakan oleh Ibu Nick adalah "Is the baby all right?" semua yang ada di ruang operasi terdiam. Dan beberapa detik berlalu tetapi sang dokter tidak juga memperlihatkan bayinya kepada Ibu Nick. Dan hal itu yang membuat Ibu Nick curiga bahwa ada yang tidak beres dengan bayinya. Bukannya memberikan bayi Nick pada Ibunya, dokter membalikkan arah dan memeriksa bayi Nick. Seketika bayi Nick menangis dan hal itu membuat Ibunya lega. Namun Ayahnya yang ketika itu sudah melihat keadaan bayi Nick yang tidak memiliki tangan dan kaki seketika itu syok dan keluar dari ruangan. Ibu Nick yang juga seorang suster tidak bodoh. Ia melihat raut wajah tim medis dan ia tau bahwa ada sesuatu yang tidak beres.

"What is it? What's wrong with my baby?"

"Phocamelia"

Karena background pekerjaannya, ia mengetahui kelainan tersebut. Dan Ibu Nick jelas tidak bisa terima bahwa hal itu benar terjadi pada bayinya. Sementara itu apAyah Nick yang berada di luar menangis dan tidak percaya. Ia tidak bisa bicara apapun. Ia bergegas ingin memberitahu keadaan bayi Nick pada istrinya sebelum sang istri melihatnya. Namun Ibu Nick sudah lemas diranjang dan menangis. Staff menawarkan untuk memberikan bayinya tetapi Ibu Nick menolak dan menyuruh staff tersebut membawanya pergi. Akan tetapi bayi Nick tetap diberikan dan ditaruh disamping Ibu Nick. "Take him away, I don't want to touch him or see him."

Kalimat itulah yang terucap dari mulut Ibu Nick karena Ia masih tidak bisa menerima keadaan bayi Nick. Kelahiran bayi pertama mereka yang ditunggu-tunggu ternyata tidak sesuai harapan. Bayngkan saja YOTers, Nick lahir tapi orang tuanya sendiri tidak menginginkannya atas keadaan Nick. Seiring berjalannya waktu, Nick tumbuh menjadi anak yang ceria dan belum mengetahui bahwa akan ada banyak tantangan hidup yang menunggunya. Pada usia 8 tahun, Nick sempat berpikir utk mengakhiri hidupnya. Namun, berkat kasih dan dukungan dr orangtua & sahabatnya, Nick mampu bertahan. Titik balik Nick ketika suatu hari Ibunya memberikan sebuah artikel tentang seorang pria dengan disabilitas mampu melakukan hal hebat dan juga menolong orang lain. Pada saat itu Nick menyadari bahwa Tuhan menciptakan tiap-tiap dari kita untuk berguna bagi orang lain. Sehingga saat itu juga, Nick punya tekad ingin menjadi seperti pria luar biasa itu-yakni bisa menolong dan menginspirasi banyak orang. Seketika Nick menemukan the purpose of his life. Dan menjadikan Nick menjadi Nick yang sekarang.

Setelah mengetahui secara singkat pengalaman hidup Nick, kita mungkin tercengang dengan kuatnya Nick menghadapi tantangan dalam hidupnya dan menerima keadaannya-tanpa lengan dan kaki. Bandingkan dengan keadaan kita yang memiliki anggota badan yang lengkap dan sehat tapi masih sering mengeluh atas suatu keadaan. Jadi YOTers, mulai sekarang kita harus selalu Be Grateful ya! Jangan sibuk memikirkan apa kata orang lain, mulailah menemukan purpose of life sehingga kita tidak hanya hidup di bumi tapi tidak menyumbang peranan apa-apa. Tapi selama kita hidup, kita harus memberikan kontribusi agar hidup kita lebih bermakna:D

"The choice that we have, is either to GIVE UP or KEEP ON GOING. Are you going to believe in yourself or are you going to believe everybody else's judgement you? Life's a journey"-Nick Vujicic

See U on TOP!

Eriska Nugrahani | @eriskong

Universitas Al Azhar Indonesia

Young On Top Campus Ambassador

  




By : Eriska Nugrahani

Posted on October 11, 2014 read:120

  • YOT New Edition + T-Shirt

    IDR 149,500




  • rss 
  • youtube 
  • instagram 
  • facebook 
  • twitter