Lihatlah pada proses bukan hasil akhir

Hei Yoters! Sesuai dengan judulnya ya lihatlah pada proses bukan hasil akhir, lihatlah dari proses membuat tulisan ini bukan hasil akhir dari berapa banyak orang yang telah membacanya. Proses untuk berusaha membagikan hal-hal positif kepada Yoters semua.

 

Sebenarnya kenapa sih harus membahas judul ini, karena menurut saya rata-rata orang menilai segala sesuatunya dari hasil akhir yang telah di capai orang tersebut bukan proses yang telah dilaluinya. Hal paling sederhana adalah saat kita mempunyai seorang teman yang bisa dibilang pintar dan selalu mendapatkan nilai hampir sempurna. Pasti yang kita katakan padanya “jelaslah lo kan emang pinter wajar selalu dapet nilai bagus”. Padahal jika kita lihat bagaimana proses teman kita itu belajar, tentu sangat pantas jika dia mendapatkan nilai sempurna. Karena dengan proses belajar yang dilaluinya itu lah dia dapat menghasilkan nilai yang sempurna.

 

Contoh lainnnya yaitu saat kita mempunyai teman yang menang lomba penulisan ilmiah dalam lomba nasional. kebetulan teman kita berkuliah di salah satu kampus yang terbaik di kota X misalnya. Saat kita mengetahuinya satu kalimat yang pasti akan terucap “wajarlah lo bisa menang lomba setingkat nasional, kan kampus lo bagus, udah punya nama, dan pasti lo difasilitasi dengan baik sehingga bisa dapet juara”. Jika di pikir-pikir lebih dalam, kalimat ini salah besar, kenapa? Karena semua yang akan kita dapatkan diakhir tentunya berawal dari usaha yang kita lakukan secara terus-menerus.

 

Jadi, belajarlah untuk melihat sesuatu dari proses yang telah dilakukan bukan dari hasil yang telah didapatkan. Memang hasil akhir sangat menjadi tolak ukur keberhasilan seseorang, tetapi usaha yang ada dibelakangnya juga sangat berperan. Karena usaha yang dilakukan sejalan dengan hasil yang di dapatkan.

  




By : Mutia Azmi Nabila

Posted on August 22, 2015 read:89

  • YOT New Edition + T-Shirt

    IDR 149,500




  • rss 
  • youtube 
  • instagram 
  • facebook 
  • twitter