Linchpin: apakah kamu tak tergantikan?

Hello YOTers, apa kabar? Semoga selalu dalam keadaan semangat. Kali ini saya ingin membahas tentang buku yang baru saya baca. Buku ini merupakan buku karangan Seth Godin, salah satu bapak marketing dunia. Namun kali ini, Om Seth sedang tidak membahas tentang marketing. Ia membahas tentang manusia.
 
Setelah revolusi industri pada abad ke-18, wajah dunia bisnis seakan berubah. Sejak saat itu, perusahaan dapat melakukan produksi sebesar-besar nya sedemikian dapat memenuhi permintaan pasar yang sangat besar. Industri yang tadinya bersifat menyebar kini mejadi terpusat di para pemiliki mesin produksi. 
 
Meskipun revolusi industri berhasil menyelamatkan umat manusia dari bencana kelaparan, revolusi industri telah mengubah cara perusahaan dalam memandang perilaku produksi nya. Aktivitas produksi bergeser dari yang terfokus ke manusia menjadi ke sistem. Adam Smith-salah satu bapak ekonomi dunia-mengatakan bahwa model bisnis yang sempurna adalah model bisnis yang memerlukan keahlian manusia seperlunya. Artinya, semua orang dapat melakukannya.
 
Model bisnis macam ini kerap kali kita temui di perpabrikan, dimana semua orang dapat melakukan semua yang dikerjakan dalam sistem produksi tersebut. Jika semua orang dapat melakukan nya, artinya tidak perlu gaji besar kepada pekerja tersebut karena pemilik mesin (modal) akan mencari pekerja yang mau dibayar semurah-murah nya. Konsep nya, bagaimana pemilik mesin (modal) dapat membuat sistem yang mengeluarkan nilai jual yang tinggi dengan modal yang sekecil-kecilnya.
 
Model bisnis ini tidak hanya ada di perpabrikan. Kita dapat menemui model ini di mana saja. Rumah sakit tidak perlu merekrut dokter-dokter terhebat yang harga nya sangat mahal. Hanya perlu membuat sistem yang sangat sempurna sedemikian sehingga dokter yang biasa-biasa saja pun dapat bekerja dengan baik. Jika satu dokter resign dari rumah sakit tersebut, rumah sakit hanya perlu mencari dokter baru lagi. Banyak dokter bisa menggantikan nya.
 
Pertanyaan nya, apakah kamu ingin menjadi pribadi yang tergantikan?
 
Kita semua tumbuh di sistem yang memaksa kita untuk mengikuti manual. Di sekolah, kalau kamu mengikuti pelajaran nya dengan baik kamu dapat meraih rangking atas. Di kuliah, jika kamu dapat IPK tinggi kamu bisa mendapatkan pekerjaan dengan lebih mudah. Di pekerjaan, jika kamu mengikuti manual nya kamu dapat naik gaji. Semuanya mengikuti sistem yang sudah ada. Disuruh, melakukan, dapat reward, berulang lagi.
 
Kamu mungkin dapat merasakan kenyamanan bergaji besar di sebuah perusahaan BUMN ternama. Tapi kamu menjadi pribadi yang tergantikan. Pribadi yang tidak kreatif. Pribadi yang hanya mengikuti SOP. Sampai suatu saat atasan kamu merasa bahwa kamu sudah cukup tua atau tidak memberikan manfaat lagi, kamu diberhentikan.

<!--?xml version="1.0" encoding="UTF-8"?-->

Linchpin adalah mereka yang mengambil peranan inti dalam sebuah organisasi atau perusahaan. Tanpa linchpin, sebuah organisasi akan mati. Linchpin adalah sebuah pribadi yang tidak tergantikan. Jadilah linchpin. 
  




By : Hokiman kurniawan

Posted on April 20, 2017 read:35

  • YOT New Edition + T-Shirt

    IDR 149,500




  • rss 
  • youtube 
  • instagram 
  • facebook 
  • twitter