Lingkar Diskusi yang Baik

Saya ingin memulai tulisan ini dengan pertanyaan :

Apakah kamu senang belajar? Apakah kamu senang berdiskusi?

Saya adalah orang yang sangat suka belajar dan berdiskusi. Bagi saya, melakukan diskusi dengan orang-orang di sekitar saya sangat bermanfaat bagi banyak hal : meningkatkan wawasan, kemampuan komunikasi dan menyuarakan ide, serta mempererat interaksi dengan teman diskusi. Dimanapun saya berada saya berusaha untuk berdiskusi, baik dengan membuka topik, atau nimbrung ke diskusi orang.

Namun, 6 bulan terakhir, saya merasa banyak kemampuan dalam diri saya yang menurun, terutama dalam hal berdiskusi dan menyuarakan pendapat. Rasanya saya berpikir lebih lambat, kurang kritis, dan menyuarakan ide dengan lebih tidak efektif dari biasanya. Apakah YOTers, terutama yang senang berdiskusi, pernah merasa demikian.

Pekan lalu, setelah saya meeting untuk project kecil-kecilan di kampus bersama beberapa orang teman, saya merasa sangat menikmati diskusi itu. Saya pun sadar satu hal, bahwa saya sudah lama tidak berdiskusi serius dengan orang-orang yang sepantaran dengan saya dalam hal pengalaman dan pemikiran. Selama ini saya lebih sering melakukan diskusi dan berkembang bersama orang-orang yang secara pemikiran dan pengalaman berbeda dengan saya, entah itu yang lebih baik maupun tidak. Di kampus, saya (yang baru lulus) sudah 2 tahun menjadi angkatan tertua dan paling berpengalaman, sehingga lebih sering memberi saran dan memacu adik kelas untuk berpikir ketika diajak diskusi. Di luar, saya yang baru bergabung dengan Podium.ID menjadi salah satu yang paling awam dalam hal kebijakan public sehingga ketika berdiskusi merasa sangat tertinggal.

Kedua hal tersebut tentu ada positifnya. Sebagai senior, saya tentu tetap bisa belajar dari adik-adik kelas saya, dengan berbagi lebih banyak. Sebagai awam di tim Podium, saya tentu bisa mendapat manfaat dengan berdiskusi dengan orang-orang yang lebih jago. Namun saya pikir itu tidak seimbang. Sebagai yang di atas, percaya diri saya akan terus berlebihan, sementara sebagai yang di bawah, percaya diri saya akan terus turun. Oleh karena itu saya merasa butuh lebih banyak diskusi dengan orang-orang yang masih cukup setara dengan saya, agar rasa percaya diri saya tumbuh dengan baik dan seimbang. Hal ini akan memotivasi untuk lebih cepat berkembang, tanpa meninggalkan hal-hal seperti berbagi.

YOTers, berdiskusi itu penting, sebagaimana yang saya jelaskan di awal. Perbanyaklah berdiskusi, dengan siapapun. Jaga keseimbangan pemikiran and pengalaman, bangun wawasan luas, untuk masa depan yang lebih baik.

Dari diskusi-diskusi kecil, akan lahir ide yang besar.

Semoga bermanfaat,
See you on TOP!

  




By : Yuza Mulia

Posted on February 03, 2016 read:97

  • YOT New Edition + T-Shirt

    IDR 149,500




  • rss 
  • youtube 
  • instagram 
  • facebook 
  • twitter