@LoveDonation - HAPPY VALENTINE'S DAY!

Bermula dari sebuah buku, keinginan untuk bisa maju bersama,… hingga menjadi sebuah komunitas yang selalu siap untuk berbagi…

A. Persiapan

Ketika komunitas Young On Top Campus Ambassador periode 2010-2011 dibagi menjadi 3 divisi: Energy (Kesehatan), Catalyst (Pendidikan), dan Greeneration (Lingkungan Hidup), segera terbersit untuk membuat sebuah acara donor darah dalam rangka merayakan Valentine’s Day di Februari 2011.

Divisi Energy pun berkolaborasi dengan Leo Young Club Jakarta Kota dan PMI untuk membuat plan ini menjadi kenyataan. Meeting demi meeting pun dilakukan, dan saya sempat shocked ketika dikasih lihat budgetnya adalah Rp169,000,000,-. Saya bilang ke mereka, “Saya ngga akan ngeluarin biaya segitu besar untuk membuat sebuah acara donor darah” Mereka terdiam. Saya tahu, mereka memang memiliki plan untuk mencari sponsor. Namun, saya juga yakin mereka tidak yakin akan bisa mendapatkan sponsor sebesar itu.

Saya meminta mereka untuk membuat acara yang mereka namai “Love Donation 2011” ini dengan ‘zero cost’. Cerita pendeknya, semua artis yang kami hubungi ternyata memiliki hati yang sungguh luar biasa. Mereka siap menyumbangkan talentanya untuk acara tersebut. Siapa saja? Ada Jflow, Endah N’ Rhesa, Jamaica Cafe, Mazeltof, Sajama Cut, Dimas Wibisana and His Mates, Rangga Panendra, Marcel Edwin Band, dan The Wall.

Bagaimana dengan tempat dan peralatan? Grand Indonesia menyediakan tempat, panggung, juga membantu promosikan acara ini, all free of charge. Purwacaraka meminjamkan perlatan band dan sound, juga secara cuma-cuma. Tapi biaya besar bukan hanya di artis, tempat, dan peralatan… bagaimana dengan promosinya? Thank God, Prambors fm, Mustang fm, Lite fm, Kis fm, dan Trax fm membantu kami. Kompas juga menginfokan acara ini di hari Jumat, 11 Februari.

Persiapan acara ini tidak mulus. Satu minggu menjelang acara, tepatnya di Hari Minggu, 6 Februari, panitia Love Donation sudah terbagi di 3 area jam 06.00 WIB untuk membagikan flyer: Monas, Taman Menteng, dan Gelora Bung Karno. Ketika tim siap beraksi, hujan lebat pun turun. Tim tetap bergerak, mencoba mensosialisasikan acara ini, berharap akan banyak yang datang dan mendonorkan darahnya di hari H.

B. Hari Pertama, Sabtu 12 Februari

Acara dibuka oleh Ketua Panitia, @PalmiraVidya, seorang Young On Top Campus Ambassador dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. Kemudian kata sambutan disampaikan oleh Mas Thoriq, representatif dari PMI. Acara dilanjutkan dengan pemotongan pita di atas panggung oleh Bapak Rahmat Gobel, pengusaha sukses yang juga menjabat sebagai salah seorang pejabat di PMI. Sungguh suatu kehormatan; kalau dipikir-pikir, apa bedanya acara ini dibanding dengan puluhan acara donor yang dilakukan setiap bulannya?

Acara berjalan lancar, talk show pertama yang dilangsungkan adalah “Peran Anak Muda di Kehidupan Sosial” menghadirkan @GraceWidjaja, anggota LYC dan YOT CA dari Universitas Tarumanegara dan Jonathan C. Susanto (@Trapjovers89), anggota YOT CA dari London School of Public Relation (LSPR). Acara ini dipandu oleh Ricky Setiawan (@onlyricky), Technical Advisor YOT CA yang juga penulis buku Best Seller “Postcards From Heaven”.

Talk show kedua yang dimoderatori oleh @TaufanAkbari, Technical Advisor Young On Top berumur 26 tahun yang juga adalah seorang Dosen di LSPR, menghadirkan Mba @FahiraIdris, Johanes Koraag yang sudah mendonor 92 kali selama 21 tahun, dan Dr. Robby dari PMI dengan tema “Berbagi Kasih Terhadap Sesama.” Benar-benar inspiring!

Semua musisi benar-benar performed dengan sepenuh hati. Tidak berbeda dengan Jflow (@jflowrighthere) yang begitu datang langsung untuk mendonorkan darahnya baru manggung. Penampilannya benar-benar mengundang decak kagum yang datang! Meski tadi saya dibisikin Endah (dari @EndahnRhesa) bahwa kemarin Jflow curhat bahwa dia sempet keleyengan pas manggung gara-gara nge-donor duluan. Ha ha ha…

C. Hari Kedua, Minggu 13 Februari

Acara hari ini dibuka oleh Palmira lagi, kemudian oleh seorang petinggi dari Leo Club Indonesia. Mas Thoriq yang kembali hadir di hari kedua Love Donation ini kembali memberikan semangat kepada panitia dan para pengunjung supaya bisa mendapatkan kantung darah sebanyak-banyaknya.

Acara kembali menghadirkan talkshow “Peran Anak Muda di Kehidupan Sosial”. Acara berlanjut dengan menghadirkan Endah N’ Rhesa yang performances-nya sungguh memukai semua pengunjung. Mendadak tempat Love Donation dihadiri ‘ribuan’ pengunjung!

“Donor Darah Sebagai Lifestyle” adalah tema talk show kedua hari ini, yang juga dipandu oleh Taufan Akbari; tapi kali ini menghadirkan Dr. Lula Kamal dan Mas @YonatanBhakti, Health Advisornya Young On Top dan Personal Trainer, serta sahabat saya. Pembahasan yang intinya: anak muda akan mulai hidup sehat, mulai donor darah kalau mereka telah menemukan dan ‘press the right button’ atau dengan kata lainnya, apabila mereka telah menemukan apa yang dapat memotivasinya.

@JamaicaCafe kemudian menggoyang seluruh pengunjung maupun yang sedang mengantri untuk cek darah dan mendonor. Saya aja ngga bisa menahan diri, ikut nyanyi, iku tepuk tangan, ikut jingkrak-jingkrak. Dari “I got the feeling…tonight’s gonna be a good night” hingga “Keong Racun” pun dilantunkan oleh Jamaica Cafe dengan accapella (tanpa alat music). Keren!

D. Unforgettable Moment

Mas Yonatan di hari pertama ikut membantu menyebarkan flyer kepada pengunjung Grand Indonesia yang lewat di dekat tempat acara berlangsung. Penolakan dia banyak rasakan, namun suatu ketika dia memanggil saya. Dengan terlinang air mata, dia pun menceritakan kejadian yang dia alami.

Ketika melihat seorang cleaning service Grand Indonesia yang sedang membawa kantung sampah hitam, Mas Yonatan bertanya, “Mas, donor darah, ya?” Kemudian cleaning service itu menjawab sambil bertanya, “Oh, saya boleh, Mas?” Ketika Mas Yonatan bilang boleh, orang itu langsung dengan antusiasnya menaruh kantung sampahnya di dekat pot bunga, mendaftarkan dirinya, dan mendonorkan darahnya!

Setiap kali ingat akan kejadian ini, air mata saya selalu mengalir. Sungguh sedih ketika seringkali kita melihat segala sesuatunya dengan materi, dengan kesuksesan/jabatan seseorang. Dan sungguh betapa mata saya terbuka akan artinya sebuah donor darah; karena ini merupakan bentuk berbagi yang sungguh mulia, betapa tidak? Bisa dilakukan oleh semua orang; ngga perduli dia anak siapa, jabatannya apa, suku apa, asal dari mana, berkulit hitam ataupun putih! Asal mau, kita bisa berbagi… se-simple mendonorkan darah yang kita punya untuk mereka di luar sana yang membutuhkannya.

E. Akhir kata,…

Saya sebagai Pembimbing acara Love Donation, mau ucapkan terima kasih untuk seluruh Panitia dari Young On Top maupun LYC Jakarta Kota dan PMI. Juga kepada para musisi yang sudah meluangkan waktunya untuk acara ini. Para sponsor, dari Grand Indonesia hingga semua media partner, dan… juga sungguh terima kasih tak terhingga kepada semua teman-teman yang telah membantu hingga acara ini bisa berlangsung dengan baik; apakah dengan me-RT acara ini di twitter, datang, terlebih kepada yang telah mendonorkan darahnya di acara ini!

Kita telah sama-sama menyumbangkan 208 kantung darah yang kita titipkan kepada PMI untuk dapat disalurkan sebaik-baiknya kepada mereka yang membutuhkan. Semoga sumbangan kita ini bisa save lives, Amien.

Kalau selama ini kita merayakan Valentine’s Day dengan orang-orang yang kita kenal, mereka yang kita sayangi… udah biasa banget! Kali ini, kita merayakan Valentine’s Day dengan mendonorkan darah kita, berbagi untuk orang-orang yang ngga kita kenal, untuk mereka yang memerlukan darah kita untuk bisa tetap hidup.

Kegiatan donor ini yang pertama kali kami adakan, tapi jelas bukan yang terakhir! Dan, ini tentunya bukan cerita akhir dari kegiatan @YoungOnTop, karena kami akan segera road show untuk menginspirasi SMU2 di Indonesia, dan menggalang “1,000,000 Buku Untuk Indonesia”… siap membantu?

GOD BLESS! Happy Valentine’s Day!

@BillyBoen

Thanks to ALL Sponsors: Optik Seis, Coca Cola, Dapur Cokelat, Purwacaraka, Pocari Sweat, Soy Joy, PMI, Grand Indonesia, Spectrum Print, Rolling Stone Cafe Jakarta, dan Hard Rock Cafe Jakarta

Thanks to ALL Media Partners: Prambors fm, Mustang fm, KIS fm, Lite Fm, Trax fm, Kapanlagi.com, Spice magazine, Mens’ Fitness magazine, dan Kompas

  




By : Billy Boen

Posted on February 13, 2011 read:3,258

  • YOT New Edition + T-Shirt

    IDR 149,500




  • rss 
  • youtube 
  • instagram 
  • facebook 
  • twitter