Lupakan Gayus, Kami Siap Bertransformasi

                Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) merupakan perguruan tinggi kedinasan yang langsung di bawah kendali Kementerian Keuangan. Para mahasiswanya pun merupakan penerus generasi punggawa keuangan negara. Ranah kerjanya pun mencakup tentang pengelolaan dan penganggaran keuangan negara, baik dari segi perpajakan, bea cukai, APBN dan anggaran negara. Tentu hal tersebut dapat dikatakan sebagai wilayah yang “basah”, atau bahkan dapat dikatakan wilayah yang “banjir”. Karena berkaitan dengan jumlah uang yang tidak hanya berkisar puluhan juta saja, tetapi ribuan triliun rupiah. Dan kini kami telah bertransformasi menjadi Politeknik Keuangan Negara STAN

                Track record para alumni STAN pun tidak 100% berjalan mulus. Ada beberapa oknum alumni yang membuat nama STAN menjadi perbincangan hangat di masyarakat. Bukan salah STAN memang, tidak semua alumni STAN seperti itu. Jika belum terdapat penelitian yang valid mengenai suatu data faktor penyebab terjadinya hal tersebut, tentu STAN tidak dapat dipersalahkan begitu saja.

                Sebagai sarana pendidikan dan pelatihan untuk melahirkan generasi penerus punggawa keuangan negara yang berkompeten dan berkualitas, STAN tentu tetap merasa memiliki kewajiban untuk membekali kemampuan mahasiswanya dari segi mental dan prinsip. Penanaman nilai INTEGRITAS dan KEJUJURAN adalah hal mutlak sebagai dasar pendidikan di STAN.

                Sistem Drop Out langsung pada mahasiswa yang melakukan tindakan mencontek adalah salah satu contoh penerapan sistem mendidik nilai integritas pada mahasiswa. Drop Out memang menjadi “momok” yang cukup menakutkan bagi sebagian besar mahasiswa STAN, tapi hal tersebut dirasa efektif dalam membina mental mahasiswa untuk selalu menjaga prinsip integritas dan kejujurannya.

                Organisasi Spesialisasi Anti Korupsi (SPEAK) juga merupakan salah satu langkah dukungan STAN dalam mendidik mahasiswanya sejak dini dalam melawan korupsi. SPEAK adalah salah satu organisasi yang ikatan alumninya sangat kuat, keanggotaan seumur hidup dan berkoordinasi langsung dibawah pembinaan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Berbagai kegiatan diadakan sebagai edukasi mengenai korupsi yaitu Bebas (Belajar Bareng Speak) atau event kampanye anti korupsi lainnya.

                Menurut database alumni SPEAK pula diketahui bahwa sebagian besar analis atau orang-orang dibalik layar sepak terjang KPK dalam memberantas koruptor di Indonesia adalah alumni STAN. Bahkan, STAN mendapat apresiasi dan julukan khusus dari Ketua KPK sebagai perguruan tinggi “kanibal” karena tidak jarang alumni STAN yang bekerja di KPK menangkap koruptor yang merupakan temannya di STAN dahulu.

                Resolusi baru juga telah dibuat oleh pihak STAN dalam mengedukasi tentang nilai anti korupsi melalui kegiatan akademik yang diberikan kepada mahasiswa Diploma 4. Setiap kelas ditugaskan untuk membuat sebuah kegiatan bertemakan anti korupsi untuk mengedukasi mahasiswa STAN lainnya dalam berkontribusi memberantas korupsi.

                Hal tersebut membuktikan bahwa permasalahan korupsi, kurangnya nilai integritas dan kejujuran adalah sebuah masalah yang lebih condong kepada nilai yang tertanam dalam masing-masing individu. Dan STAN, sebagai tempat melahirkan generasi punggawa keuangan negara di bidang pemerintahan memberikan bekal semaksimal mungkin melalui berbagai kegiatan agar lulusan STAN menjadi generasi revolusi pemerintah yang jujur dan berintegritas.

  




By : LISA AMALIA ARTISTRY RAMADHANI

Posted on November 20, 2015 read:69

  • YOT New Edition + T-Shirt

    IDR 149,500




  • rss 
  • youtube 
  • instagram 
  • facebook 
  • twitter