Manage Your Time Well

Hai YOTers!

Apa kabar? Lagi sibuk kuliah? Tapi juga sibuk di organisasi dan bahkan magang juga? Oh God! You’re awesome guys!

Melihat kesibukan kamu, apa kamu sedang bingung bagaimana caranya membelah diri sehingga pekerjaan bisa terselesaikan lebih cepat? Tenang saja! Kamu tidak perlu membelah seperti amoeba! Cukup dengan membaca artikel ini dan mengaplikasikannya. Berikut adalah tips buat kamu yang bingung gimana caranya mengatur waktu dengan baik.

Buat To Do List!

Ketika terlalu banyak hal yang harus kamu ingat dan lakukan, jangan bebani otak kamu untuk mengingat semuanya. Cobalah membuat sebuah buku catatan kecil untuk mencatat itu semua. Dalam buku itu kamu bisa mencatat semua tugas beserta deadlinenya serta daftar pertemuan/meeting yang harus kamu hadiri. Kalau kamu lebih akrab dengan gadget kamu, kamu juga dapat mencatatnya dalam gadget dan bahkan membuat reminder untuk selalu mengingatkan kamu. Jika kamu ingin menjadi lebih detail lagi, kamu dapat me-list to do list kamu setiap hari. Jadi dalam 1 hari tersebut, kamu tahu apa saja yang harus kamu selesaikan.

Skala Prioritas

Setelah kamu memiliki list untuk semua tugas dan kegiatan kamu, kamu bisa mempertimbangkan skala prioritas kamu. Be effective! Efektif di sini maksudnya, kamu harus tahu mana tugas yang urgent dan important, kemudian fokuslah mengerjakan itu. Jangan habiskan waktu terlalu lama untuk tugas yang tidak/kurang penting. Ingat juga, tugas yang urgent belum tentu important, sehingga kamu harus benar-benar berhati-hati dalam mengklasifikasikannya serta memperhatikan deadlinenya.

Jangan Menunda-Nunda!

Kalau kata Kakek Benjamin Franklin, “Never leave that till tomorrow which you can do today.” Hindari untuk menunda suatu pekerjaan. Apabila kamu menemukan kesulitan dalam mengerjakan suatu tugas, jangan tunda sampai kamu mengerti, tapi segeralah mencari cara untuk menyelesaikannya!

Breaking Down your Task

Ketika kamu mendapat tugas yang cukup berat, cobalah untuk membaginya menjadi beberapa bagian sehingga kamu dapat mengerjakan bagian demi bagian (istilahnya dicicil). Kamu juga dapat membiasakan untuk memberikan hadiah kepada diri kamu ketika berhasil menyelesaikan satu tugas dengan menonton 1 film atau membeli es krim, misalnya.

Melakukan sesuatu di sela-sela aktivitas

Bagi kamu yang suka bepergian jauh atau bahkan untuk berangkat dan pulang kampus. Kamu dapat memanfaatkan waktu itu. Kamu bisa membaca materi, buku, atau bahkan mengerjakan tugas selama dalam kendaraan (mobil, transportasi umum seperti TJ/angkot). Dengan begitu, kamu dapat mengoptimalkan waktu kamu.

Semoga artikel ini bermanfaat ya! Good luck YOTers!

  




By : Ni Putu Ayu Frida Ningsih

Posted on November 16, 2015 read:64

  • YOT New Edition + T-Shirt

    IDR 149,500




  • rss 
  • youtube 
  • instagram 
  • facebook 
  • twitter