Manunggaling Kawula Gusti - Ajarkan Sesuai Kelasnya

Saya teringat tentang sebuah kisah sejarah Agama Islam, secuplik kisah di kerajaan Demak, di era Wali Songo. Ada seorang tokoh agama yang sakti dan disegani pada saat itu yang bernama Syekh Siti Jenar. Ilmu yang beliau miliki tentang agama sudah sangat tinggi, bahkan dapat dikatakan beliau seperti bukan manusia biasa karena fokusnya sungguh tentang Yang Maha Pencipta dan akhirat.

Karena ilmunya yang tinggi dan disegani maka banyak penduduk yang ingin berguru kepadanya. Maka ia pun dengan senang hati mau membantu dan berbagi ilmunya kepada penduduk yang ingin belajar darinya. Salah satu ilmu ajaran beliau yang terkenal yaitu Manunggaling Kawula Gusti. llmu tentang ikhlas dan pengabdian yang berkaitan antara penduduk dan pemimpinnya.

Tidak ada yang salah dalam ajaran beliau, malah dapat dikatakan sangat benar. Namun, karena ilmu tersebut malah muncul berbagai permasalahan. Kenapa? Karena ilmu tersebut terlalu tinggi bagi penduduk atau manusia biasa pada umumnya, mereka belum siap untuk menerima, sehingga terjadi banyak kesalahpahaman dan salah presepsi yang memunculkan berbagai asumsi dan opini.

Hal yang saya garis bawahi dari kisah tersebut adalah dimana ajaran tersebut memang baik, tapi diberikan kepada orang-orang yang belum selayaknya menerima.

Seperti misalkan materi ajaran Kalkulus yang seharusnya diterima mahasiswa perguruan tinggi, tetapi diajarkan kepada anak sekolah dasar kelas 2SD. Efeknya bagaimana?

Mereka pasti kebingungan, mengarang sendiri ilmu tersebut sebatas presepsi dan pemahamannya, sehingga muncul banyak masalah yang tidak sesuai hukumnya.

Sharing memang penting dan wajib bagi kita, apalagi jika yang disebarkan adalah ilmu yang bermanfaat. Tapi kembali lagi, kita juga harus mengerti siapa yang kita hadapi, agar ilmu tersebut dapat tersampaikan dengan baik dan digunakan pula dengan baik.

Berikan ilmu sesuai dengan kemampuan dan kelasnya. Jangan memaksakan ilmu yang tinggi untuk diberikan kepada pihak yang belum mampu menerimanya.

Keep learn and share, but mengetahui siapa yang kita hadapi it'll be better.

By :

Lisa Amalia Artistry Ramadhani
Young On Top Campus Ambassador batch 5
Sekolah Tinggi Akuntansi Negara

  




By : LISA AMALIA ARTISTRY RAMADHANI

Posted on September 08, 2014 read:153

  • YOT New Edition + T-Shirt

    IDR 149,500




  • rss 
  • youtube 
  • instagram 
  • facebook 
  • twitter