Memahami diri sendiri

This time, aku lagi-lagi mau share opini ke YOTers semua mengenai suatu hal. Jangan-bosen ya hehe.

YOTers (khususnya cowo) yang saat ini sedang menjalin kasih dengan lawan jenis mungkin sering mendengar kata-kata, “ngertiin aku dong” atau “kamu ngga ngerti aku!” diiringi dengan bantingan pintu. Dapat dipastikan saat itu YOTers sedang mengalami masa-masa genting yang akan sangat menguras jiwa, raga, dan pikiran. Intinya, kata-kata itu akan memaksa YOTers untuk mengerti dan memahami orang lain yang mungkin sudah sering dilakukan.

Namun, pernahkah YOTers berfikir mengenai diri sendiri. Ini bukan masalah egois atau tidak, tapi lebih mengenai sikap bijaksana terhadap diri sendiri secara individu. YOTers pernah, merasa sudah berkorban secara ekstra untuk orang lain tanpa memperdulikan kondisi diri sendiri? Kalo di film-film mungkin kelihatannya keren ya dan terkesan heroic. But in real life, it doesn’t work that way. YOTers tidak harus selalu melakukan pengorbanan yang merugikan diri sendiri. YOTers boleh kok, sekali-kali melakukan sesuatu hal untuk kebaikan YOTers selama (tentunya) tidak merugikan orang lain.

Contohnya, YOTers boleh kok berkata tidak dan menolak ajakan teman-teman untuk jalan-jalan, mungkin karena YOTers lagi banyak tugas yang belum diselesaikan dan jika YOTers ikut jalan-jalan berarti tugas tidak bisa terselesaikan. Intinya, YOTers boleh “egois” karena takut terkena dampak buruk yang tidak perlu seperti contoh singkat di atas.

Lagi-lagi semua keputusan yang akan YOTers ambil, coba pertimbangkan terlebih dahulu baik-buruknya. Coba juga berlaku seimbang untuk diri sendiri dan orang lain. Berkorban dengan “zalim” itu beda ya, hati-hati YOTers.

“Karena kunci kehidupan itu ada di keseimbangan”.

That’s all YOTers sharing aku kali ini. Semoga bermanfaat ya!

See you on TOP!

 

Gibran Qadaranta - UNJ - @gibqar

  




By : Gibran Qadaranta

Posted on September 18, 2015 read:89

  • YOT New Edition + T-Shirt

    IDR 149,500




  • rss 
  • youtube 
  • instagram 
  • facebook 
  • twitter