My 2014, My 2015

Hi YOTers,

Tulisan tentang refleksi setahun penuh dan target tahun depan ini biasanya setiap tahun saya tulisnya saat menjelang pergantian tahun, tapi kali ini saya baru tulis setelah pergantian tahun. 

My 2014.

- Tahun lalu adalah tahun yang penuh dengan tantangan. Di akhir bulan Januari 2014, boleh dibilang adalah 'rock bottom of my life'. Setelah lebih dari 4 tahun (saat itu) saya berwirausaha, untuk pertama kalinya kala itu saya merasakan apa yang semua entrepreneur rasakan: Stres banget!

Sering sekali saya terbangun jam 2 pagi dalam keadaan keringetan luar biasa dan tidak bisa tidur. Saat itu, apa yang saya rasakan? Seolah saya ngga bisa melihat titik terang dari masalah yang sedang saya alami. Saya ngga tau kapan masalah saya akan berakhir.

Saya pun untuk pertama kalinya sadar bahwa HOPE-lah yang membuat kita terus bergerak maju. Kalau kita tidak bisa melihat harapan di depan, rasanya "mau mati". Bingung mau ngapain. Clueless.

Saya dipaksa untuk memutar otak, dan pilihan saya cuma 2: give up atau jalan terus. Saya memilih untuk jalan terus dengan keyakinan saya. Istilah: "What doesnt kill you will make you stronger", benar banget. Sekali lagi, saya ngga bicara teori belaka, karena ini adalah pengalaman yang saya alami sendiri.

- Di bulan Mei 2014, saya berhasil mengajak seseorang yang sangat saya hormati, untuk menjadi Mentor dan Presiden Komisaris di PT. YOT Nusantara. Saya yakin ada banyak perusahaan besar (termasuk para konglomerat) yang mengajak beliau bergabung di perusahaannya, tapi hingga saat ini, yang saya tahu, beliau hanya punya 1 perusahaan yang beliau dirikan bersama seorang temannya, dan ya di PT. YOT Nusantara. Siapa yang saya maksud? Mas Andy F. Noya, host "Kick Andy", seorang philantrophist dan jurnalis yang memiliki integritas yang tinggi. Saya yakin beliau akan terus bisa 'jagain' YOT untuk tetap berjalan di rel-nya, dan bergerak maju lebih cepat dari sebelumnya.

- YOTNC ke-4 yang diadakan di bulan Juni 2014 adalah YOTNC terbesar yang pernah diadakan oleh YOT. Dihadiri lebih dari 1,000 orang. Suatu pencapaian yang luar biasa yang dilakukan oleh tim YOT. Apakah saya puas? Tidak. Tahun 2015, YOTNC harus bisa memberikan impact postive ke lebih banyak YOTers lagi.

- Di bulan Juli, perusahaan startup IT saya yang bergerak di bidang digital analytics PT. Generasi Digital Internasional (@GDILab) berhasil mendapatkan investasi dari seorang Angel Investor. Nilai perusahaan yang awalnya hanya Rp400juta, sejak saat itu bernilai Rp20M. Merupakan sebuah pencapaian bagi kami para co-founder untuk bisa 'nikah' dengan seorang Angel yang bukan hanya menitipkan uangnya, tapi juga menjadi strategic partner buat kami. 

- Di bulan Oktober 2014, setelah lebih dari 1.5 tahun absen di radio, saya kembali mengudara. Kali ini dengan nama program: "TOP Words with Billy Boen" dan on air di Global FM Jakarta dan Bandung. Saya excited karena bisa kembali mengundang orang-orang hebat untuk chit chat dan sharing di program ini. Tujuan program ini masih sama seperti purpose hidup saya: Untuk berbagi.

- Di bulan Oktober 2014 juga, YOT bersama IBM Indonesia untuk pertama kalinya mengadakan event khusus bagi para startup entrepreneurs, namanya Jakarta Startup Connext. Event bulanan ini dihadiri oleh ratusan startup entrepreneurs.

- Per 1 November 2014, JIM Executive, unit bisnis dibawah PT. Jakarta International Management yang core bisnisnya adalah memanage para CEO, Direktur, GM sebagai pembicara, mendapatkan investasi dan seorang CEO baru. Dia adalah teman saya sejak lama, Mas Yudha Kartohadiprodjo, salah seorang pemilik Femina Group. Kedepannya, Adiprana Speakers (nama baru dari JIM Executive) akan lebih berkembang, karena kami sudah berkolaborasi dengan London Speakers Bureau (Inggris) yang merupakan speaker management company terbesar di dunia. 

- Milestone saya tahun lalu ditutup dengan Raker 2014 dengan seluruh tim yang ada di PT. YOT Nusantara. Raker ini juga dihadiri oleh PresKom kami, Mas Andy Noya. Mengapa ini menjadi milestone bagi saya? Karena di Raker 2013, yang ikut hanya 5 orang termasuk saya, tapi di Raker 2014 kemarin, yang ikut 19 orang. Artinya apa? Artinya PT. YOT Nusantara berkembang selama setahun terakhir.

Saya bersyukur dengan apa yang terjadi di tahun 2014. Apakah saya puas? Jauh dari kata puas. Masih banyak sekali yang harus bisa diimproved di tahun 2015. 

My 2015.

Tahun ini, fokus saya hanya di beberapa hal:

- Sebagai CEO di PT. YOT Nusantara, mengembangkan komunitas YOT di berbagai kota dan berkolaborasi dengan 100 universitas di Indonesia. Juga kembali memulai program TV & membuat mobile apps sehingga menjangkau lebih banyak YOTers lagi. Prediksi saya, di Raker 2015, setidaknya akan ada 30+ yang akan ikut. 

- Sebagai Managing Partner untuk GDILab, bersama CEO, memimpin perusahaan ini untuk menjadi perusahaan dengan 'global presence' sehingga bisa bermanfaat ke lebih banyak orang lagi, yang secara otomatis akan meningkatkan value perusahaan. 

- Mengembangkan wadah bagi para startup entrepreneurs lewat @StartupConnext, www.startupconnext.com, dan tempat ngumpulnya (Project X).

- Melanjutkan pemikiran saya: "Hidup sederhana bukan berarti hidup miskin". Ini adalah pemikiran yang ada di otak saya sejak Q4 2014 lalu, dan saya lakukan sejak awal Desember 2014. Ini jelas akan berlanjut di tahun 2015 dan seterusnya. 

Apakah apa yang saya rencanakan ini akan mulus? Seperti yang saya pernah share di twitter @BillyBoen beberapa hari lalu: Jangan naif untuk berharap tahun ini akan mudah. Kita yang harus menjadi lebih kuat.

All the best to you all, YOTers. Wishin you all a great year ahead!

See you ON TOP!

Billy Boen

  




By : Billy Boen

Posted on January 10, 2015 read:436

  • YOT New Edition + T-Shirt

    IDR 149,500




  • rss 
  • youtube 
  • instagram 
  • facebook 
  • twitter