My Experience


YOTers, saya ingin sharing pengalaman beberapa waktu lalu ketika saya harus mencari sponsor. Tapi fokus saya saat itu adalah mencari company yang bergerak di bidang F&Bs. Karena memang divisi saya adalah divisi konsumsi. Pelajaran untuk meminimalisirkan keuangan membuat saya dan tim saya memutar otak, bagaimana mendapatkan makanan dengan budget seminim mungkin. Kalau perlu zero budget. Oleh karena itu, divisi saya juga mencari sponsor makanan.  Nah YOTers, mendapatkan dukungan dari sponsor itu susah susah gampang. Ada banyak company maupun catering yang saya ajukan proposal namun berakhir dengan ketidakjelasan, tidak respon, diberi harapan palsu, sampai ditolak. Dari situ saya terus belajar dan memikirkan apa yang harus diperbaiki. Ini dia tips dari saya ya YOTers:

1. Ketahui benar company yang akan di approach. Kalau perlu cari tahu di websitenya, social medianya, track recordnya, dsb.

2. Pastikan sponsor yang akan di approach berhubungan dengan event yang kita buat. Setelah itu barulah mencari kontaknya. Biasanya di website ada, walaupun nomor customer service/email saja.

3. Proposal yang diajukan sebaiknya dibedakan tiap company yang akan di approach. Ini saya baca lewat blog Alanda Kariza. Walau saya belum pernah mencobanya namun saya pikir, ini akan lebih menarik perhatian company yang di approach.

 4. Jika proposal sudah diajukan, lakukan follow up 2 hari setelah diajukannnya proposal. Nah, disini saya belum bisa menjawab berapa kali kita harus FU jika tidak ada respon. Karena bisa berbeda-beda. Paling lama apabila sudah di follow up selama sebulan tidak ada respon, maka lepaskanlah.

5. Jika dapat balasan. Usahakan untuk membalasnya dengan cepat agar terlihat profesional dan serius. 

6. Jika sudah deal, jangan lupa untuk menjalankan perjanjian sesuai dengan kontraprestasi. Dan berikan laporan bukti sesuai dengan yang sudah disepakati.

7. Terakhir adalah terima kasih. Selalu ucapkan terima kasih secara personal maupun general kepada sponsor yang telah mensupport event kita. Kalau bisa keep in touch ya YOTers agar dapat build relationship dan bisa bekerja sama kembali di lain kesempatan.

Itulah YOTers tips-tips yang harus diperhatikan apabila ingin approach sponsor. Ini memang pengalaman pertama kali bagi saya namun saya senang, mungkin juga ketagihan. Karena saya mendapat pengalaman baru dan networking. So, YOTers semoga pengalaman saya ini dapat bermanfaat.

 

See U on TOP!

 

 

Eriska Nugrahani

Universitas Al Azhar Indonesia

Young On Top Campus Ambassadors

  




By : Eriska Nugrahani

Posted on February 21, 2015 read:157

  • YOT New Edition + T-Shirt

    IDR 149,500




  • rss 
  • youtube 
  • instagram 
  • facebook 
  • twitter