Namanya "Habits"

Assalamu ‘Alaykum, Hai YOTers, pernah punya masalah dengan kebiasaan buruk? Bagaimana dengan kebiasaan baik? Punya Kebiasaan buruk yang lebih banyak, atau kebiasaan baik yang lebih dominan?

YOTers, saya pernah baca buku “How to managing your HABITS” yang dikarang oleh Ust. Felix Xiauw. Buku inspiratif yang bisa menggugah kita untuk memulai Good Habits dari sekarang. Awalnya habits adalah hal yang harus kita paksakan dan biasakan, tapi jika sudah berulang-ulang habits akan menjadi hal yang bisa kita kendalikan sekehendak kita. Kita bisa mencontoh seorang pemain basket yang bisa melakukan “three point” dengan sangat mudah di tengah pertandingan yang sengit, tahukah YOTers kalau ita adalah hasil dari habits bukan karena pemain basket itu jenius ataupun punya kemampuan mengukur jarak secara akurat, dia telah mengulangnya ratusan kali bahkan ribuan kali saat latihan.

Coba juga kita renungkan, saat berpuasa di Bulan Ramadhan, hari-hari awal adalah hari-hari yang sangat berat untuk memulai puasa, karena kita baru memulai habits baru juga. Coba ingat lagi di saat-saat 10 hari terakhir, puasa bukan lagi hal yang sulit, karena habits sudah terbentuk dari pengulangan 20 hari sebelumnya. Nah, dari dua contoh di atas bisa kita simpulkan bahwa ada dua unsur yang diperlukan untuk membentuk habits, yaitu pengulangan dan latihan, “Practice make Right, Repetition make it Perfect”. Jadi, untuk membentuk Habits yang baik, kita butuh komitmen pada 2 hal tersebut. OK YOTers, are you ready to make as much as possible Good Habits?” I know we can do it!

“We become what we repeatedly do.” 
-Sean Covey-

Cheers,

Ana Ainul Syamsi S.-YOT CA Universitas Bakrie-@ainulsyamsiana

  




By : Ana Ainul

Posted on December 08, 2013 read:331

  • YOT New Edition + T-Shirt

    IDR 149,500




  • rss 
  • youtube 
  • instagram 
  • facebook 
  • twitter