Nasionalisme Anak Muda Indonesia

Monthly Meeting Young On Top Campus Ambassadors (YOTCA) kembali diadakan di Gedung Batik Semar, Tomang, Jakarta Barat pada tanggal 30 Januari 2016. Di edisi kali ini tema yang diangkat adalah nasionalisme.

Mas Taufan Akbari sebagai PIC Mentor yang akan memadu Monthly Meeting kali ini. Mas Taufan memberikan gambaran singkat mengenai  nasionalisme anak muda. "Engga perlu muluk-muluk untuk bahas nasionalisme, seperti menjaga kedaulatan dan lainnya. Yang perlu anak muda lakukan kontribusi sekecil apapun ke lingkungan sekitarnya", Ujarnya. Nasionalisme juga bukan sekadar atribut yang kita kenakan melainkan jiwa yang ada di dalam diri kita.

Tak hanya itu, Mba Dini sebagai Mentor YOTCA juga memberikan sedikit cerita nasionalisme. Mba Dini mengatakan bahwa kita sebagai anak muda Indonesia harus memegang teguh Pancasila.  "Ingat kalian lahir dan besar di Indonesia, buatlah sebuah kontribusi terhadap negara ini sekecil apapun itu. Jangan hanya menunjukkan identitas saja tanpa berkontribusi", Ungkapmya.

Kak Jo, sebagai Mentor YOTCA pun mengingatkan kita sebagai anak muda jika saat ini sudah memasuki era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Memang MEA belum terlihat perubahannya saat ini tapi kita sebagai anak muda harus sudah mulai untuk berbenah diri. Indonesia dapat maju atau tidak itu ditentukan oleh perilaku masyarakat Indonesia saat ini, bukan 10 tahun ke depan. Untuk itu, yuk bergerak untuk Indonesia lebih baik.

Secara keseluruhan, nasionalisme bukan hanya sebuah perkataan "I Love Indonesia" tapi juga soal action kita untuk negeri kita tercinta ini. Jangan hanya berbicara saja kalau kamu cinta Indonesia tetapi kamu tidak pernah mengimplementasikan kecintaan dan kebanggaan kamu sebagai anak Indonesia di kehidupan sehari-hari. Implementasinya pun tidak perlu yang rumit apalagi susah, mulailah dari hal yang simple. Seperti memberikan les gratis bagi anak-anak yang kurang mampu yang ada di sekitar rumah mu. Atau kalau kamu tidak suka mengajar, buatlah suatu permainan tradisional yang lebih kepada aktivitas fisik sehingga anak-anak di sekitar rumah tidak main gadget terus.

Kamu, saya dan kita semua tidak mau kan jika Indonesia ke depannya tidak berkembang lebih baik? Maka dari itu, yuk kontribusi bersama-sama!

 

 

Semoga bermanfaat dan See You On Top!

Kurniawati Hasjanah

Young On Top Campus Ambassador

University of Prof.dr.Moestopo Beragama

@Kurniasjafei

  




By : Kurniawati Hasjanah

Posted on February 01, 2016 read:141

  • YOT New Edition + T-Shirt

    IDR 149,500




  • rss 
  • youtube 
  • instagram 
  • facebook 
  • twitter