Networking. Penting ga sih?

Hallo YOTers, apa kabar? Semoga sehat selalu deh yaa semuanya. Gue mau sharing dikit nih sama apa yang gue kerjain belakangan ini. hmm untuk menunjang karir kedepannya dibutuhkan satu hal yang namanya networking. Penting ga sih? YOTers mungkin sekarang sudah menyadari bahwa ketika memiliki networking dan hubungan baik dengan siapapun, pintu pekerjaan akan terbuka celahnya. Penting sekali bagi kita untuk memiliki teman baru, berkenalan dengan orang-orang professional dan sebagainya. Gue sadar hal ini pas di YOTCA. Ternyata dunia pekerjaan itu “sempit”. Si A kenal sama si B yang temennya si C yang ternyata udah kenal duluan sama si A yang akhirnya kenalin mereka ke si D. Hayooo pusingg kan.. hahaha.

Saat kita bekerja nanti, di CV kita akan ada bagian reference dimana berisikan siapa yang merekomendasikan kita dan siapa orang yang bisa “memegang” kita nantinya. Hal itu tidak akan terjadi ketika kita ngga kenal dan yaa gaada TRUST diantara si reference dengan kita yang mencari pekerjaan.

TRUST itulah yang harus dibangun sejak dini. Gue pun lagi seneng-senengnya menjalin hubungan dengan siapapun. Karena menurut gue sesuatu itu gaada yang sia-sia, siapa tau kedepannya gue akan kolaborasi dengan seseorang yang memang hubungannya gue bangun dari sekarang. Gue kemarin baca di KASKUS tulisan tentang karir.com yang ternyata penjualan suatu brand sangat dipengaruhi oleh referensi, sampai 86% loh YOTers.

Hubungannya? Jelas sekali karena pada hakikatnya referensi tersebut diciptakan dari networking, analoginya ketika kalian ingin bekerja di suatu perusahaan dan YOTers nulis referensi itu dari seseorang sebut si A. Tapi si A tidak mengenal dekat anda, apakah perusahaan tersebut akan menerima anda? Itulah pentingnya networking. Networking yang baik juga dipengaruhi attitude. Ketika kita memiliki attitude yang baik, orang yang menjalin hubungan dengan kita pun akan baik. Perilaku kita, sikap kita dilihat semua. Attitude yang baik nantinya akan menimbulkan trust yang sangat penting untuk kita jaga. Jangan lupa untuk maintenance the relationship. Sekedar say “hi” juga gapapa. So, YOTers yuk kita build networking dari sekarang.

 

Muhammad Fazry Kurniawan

YOTCA Universitas Bakrie

@fazrykurniawan

  




By : Muhammad Fazry Kurniawan

Posted on December 04, 2015 read:116

  • YOT New Edition + T-Shirt

    IDR 149,500




  • rss 
  • youtube 
  • instagram 
  • facebook 
  • twitter