Networking Vs. Friendship

Sejujurnya, saya ngga inget apakah sudah pernah nulis tentang hal ini.. kalau udah pernah ya ngga apa lah, anggap aja sebagai reminder. OK?

Kita semua tahu bahwa networking itu perlu. Mungkin bukan hanya perlu, tapi penting. Penting untuk apa? Ya untuk bisa sukses di dunia kerja / bisnis di jaman yang sangat kompetitif ini. 

Apakah betul demikian? Jawabannya: "Ya". Ngga ada satu orang pun di dunia ini yang bisa sukses tanpa bantuan orang lain. Ngga ada satu orang pun!

Kalau kenyataannya demikian, berarti teori networking itu penting, ngga perlu diragukan lagi. Tapi, kenapa masih banyak orang yang ngga mencoba untuk memiliki network yang luas? Malu, ngga tau gimana caranya, ngga ada waktu, grogi,, dan sejuta alasan lainnya akan mudah keluar dari mulut 'losers' atau orang yang mungkin ngga akan pernah merasakan apa itu sebuah arti kesuksesan.

Terlepas dari networking itu penting, saya mau mengajak YOTers untuk ke satu level di atas networking. Apa itu? Friendship atau Pertemanan. 

Saya juga sudah sering banget bahas / nulis tentang pertemanan. Yang pasti, kalau mau membangun pertemanan, harus tulus! Ikuti beberapa tips berikut:

- Jangan menghubungi seorang teman ketika kita sedang perlu bantuannya. Hubungi teman ketika kita sedang tidak butuh bantuan apa-apa dari dia

- Jangan hanya mau berteman dengan orang yang sukses, lebih pintar dari kita, lebih kaya, dan seterusnya. Karena kita ngga akan pernah tahu masa depan seseorang. Bisa aja, seseorang yang mungkin bukan siapa-siapa justru menjadi satu-satunya orang yang akan mampu menolong kita ketika kita sedang membutuhkan pertolongan.

Yes, saya menganggap pertemanan itu jauh lebih kuat, jauh lebih powerful dari hanya sebatas networking. Saya bersyukur dari SD sudah bisa bilang kalau hobby saya adalah berteman. Kenapa dari kecil hobby saya berteman? Karena ayah saya bilang: "Bill, kalau kamu mau sukses, kamu harus punya banyak teman". Oleh karena itulah saya mikir: "Kalo gitu, hobby Billy berteman aja deh".

Kalau bisa punya 'seribu' teman, kenapa harus puas hanya memiliki 500 teman?

See you ON TOP!

Billy Boen

www.facebook.com/billyboenYOT // @billyboen // www.billyboen.com

  




By : Billy Boen

Posted on November 04, 2012 read:2,653

  • YOT New Edition + T-Shirt

    IDR 149,500




  • rss 
  • youtube 
  • instagram 
  • facebook 
  • twitter