Nyesel?

Hai YOTers, apakah YOTers pernah mengalami sebuah penyesalan? Saya berani taruhan kalau kita semua pernah mengalaminya. Dalam banyak kesempatan, hal-hal kecil saja bisa menjadi sebuah penyesalan di kemudian hari. Seperti dalam kelas, dan ada hal yang kita kurang pahami namun kita tidak berani untuk bertanya ke guru/dosen. Dan karena kita tidak berani bertanya, akhirnya kita menerka-nerka sendiri apa jawaban atas hal yang kurang kita pahami itu. Nah… kalau sudah begitu, itu namanya YOTers berasumsi. Sebenarnya berasumsi itu baik atau buruk sih YOTers? Tentu bergantung bagaimana situasi dan keadaannya ya YOTers.

Contoh lainnya yaitu yang sering saya lakukan adalah saya suka malu untuk bertanya jalan atau alamat. Padahal notabene saya memiliki GPS lemah, maksudnya sulit menghafal jalan. Alhasil saya suka nyasar padahal daerah tersebut terbilang daerah yang masih dekat dengan rumah. Contoh lainnya lagi apabila sudah berada di dunia kerja, berasumsi itu akan menjadi boomerang. Misal saja ada atasan yang memberikan kita tugas namun ada hal yang belum kita pahami. Tapi karena atasan tersebut terkenal dengan ‘galak’ jadi kita mengurungkan niat untuk bertanya ke atasan kita. Dan akhirnya kita jadi berasumsi sendiri ataupun bertanya kepada teman. Tetapi walaupun bertanya pada teman, belum tentu jawaban teman itu adalah apa yang atasan kita inginkan. Dalam konteks seperti itu, berasumsi adalah hal yang seharusnya tidak kita lakukan ya YOTers. Tentu pastinya YOTers tahu dalam konteks mana saja kita boleh berasumsi maupun tidak.

Karena kita hanya bisa berasumsi, penyesalan yang biasanya datang di akhir. “Seharusnya….. Tadinya….. Saya pikir….. Saya kira…”. Please YOTers, mulai sekarang DO NOT ASSUME, lebih baik bertanya untuk mendapatkan kepastian. Jadi apa yang kita kerjakan atau lakukan adalah hal yang sudah pasti. YOTers tidak mau kan hal yang dikerjakan atau dilakukan menjadi salah maupun berantakan? Bukankah akan lebih baik kita mengalami pahit diawal kemudian senang di akhir daripada lancar di awal dan hancur kemudian?
 
  




By : Eriska Nugrahani

Posted on September 18, 2015 read:82

  • YOT New Edition + T-Shirt

    IDR 149,500




  • rss 
  • youtube 
  • instagram 
  • facebook 
  • twitter