OPTIMISME UNTUK INDONESIA

Media massa sering menyuguhkan berita-berita negatif tentang Indonesia, mulai dari merebaknya Korupsi, Kolusi, Nepotisme (KKN), kualitas pendidikan yang jauh dari kata berkualitas, kejahatan merajalela, dan sebagainya. Kita tak bisa menyalahkan media karena tak hanya tinta yang berbicara. Realita memang berkata seperti itu. Kita juga tak bisa menyebut media massa adalah pihak yang sama sekali tak memiliki sifat optimis terhadap negara ini. Media massa bertindak seperti itu karena perannya sebagai pengontrol dan pengawas kebijakan yang independen dan berhaluan kepada rakyat. Jika media massa tak membeberkan semua itu, kita tahu darimana?

Beranjak dari pembahasan di atas, Indonesia memiliki kehebatan luar biasa baik ditilik dari Sumber Daya Alam (SDA) maupun keberadaan manusianya. Banyak orang Indonesia yang memiliki pencapaian aduhai di tingkat nasional. Tak jarang pula yang sampai menjadi buah bibir di ranah internasional. Beberapa contoh yang sering disebut oleh media adalah Presiden baru kita, Joko Widodo, Walikota Surabaya, Tri Rismaharini, Pendiri Indonesia Mengajar yang juga rektor muda Indonesia, Anies baswedan, dan lain sebagainya yang tak mungkin saya sebutkan semua.

Artinya apa? Disamping banyak sekali hal negatif di negeri ini, ternyata potensi Indonesia untuk lebih baik masih terbuka lebar. Tak hanya datang dari sumber alamnya yang luar biasa kaya, namun juga berasal dari sumber daya manusia yang berkualitas. Jika dilihat lebih jauh, negara maju seperti Jepang, Amerika Serikat, Korea Selatan, Singapura, dan Inggris, lebih fokus kepada pengembangan sumber manusianya. Negara yang saya sebutkan tadi hampir tak memiliki sumber alam yang potensial untuk memberangkatkan negara tersebut ke kancah top dunia.

Indonesia harus belajar dari mereka. Indonesia harus optimis. Tak ada kata terlambat. Yang paling penting adalah tak melakukan kesalahan yang sama untuk mencapai kesuksesan yang berbeda. Butuh sumber daya manusia yang berkualitas untuk mengelola negara yang potensial. Banyak kok orang pintar dan orang baik di negeri ini yang bisa mengangkat Indonesia dari keterpurukan. Tetap optimis. Indonesia bisa!

Ahmad Zulfiyan (@azulfiyan)

YOT CA Batch 5 UNJ

  




By : Ahmad Zulfiyan

Posted on November 04, 2014 read:132

  • YOT New Edition + T-Shirt

    IDR 149,500




  • rss 
  • youtube 
  • instagram 
  • facebook 
  • twitter