Pedoman Umum Gizi Seimbang

Pedoman Umum Gizi Seimbang

            “Empat sehat lima sempurna” merupakan pedoman yang sejak dahulu dipakai demi memenuhi kebutuhan gizi manusia. Namun, kalimat ini sudah tidak dipakai lagi karena dianggap kurang lengkap, tidak adanya vitamin dan mineral. Pada tahun 1995, Departemen Kesehatan RI menerbitkan buku yang berjudul Pedoman Umum Gizi Seimbang (PUGS) untuk menyempurnakan yang sudah ada dan untuk memperbaiki status gizi Indonesia pada waktu itu. Pedoman Umum Gizi Seimbang (PUGS) adalah pedoman dasar tentang gizi seimbang yang disusun sebagai penuntun pada perilaku konsumsi makanan di masyarakat secara baik dan benar. PUGS membawa 13 pesan gizi. PUGS digambarkan dalam logo berbentuk kerucut yang berisi bahan makanan yang dikelompokkan berdasarkan tiga fungsi utama zat gizi, yaitu:

1.      Sumber energi atau tenaga, yaitu padi-padian atau serealia seperti beras, jagung, dan gandum; sagu; umbi-umbian seperti ubi, singkong, dan talas; serta hasil olahannya seperti tepung-tepungan, mi, rotim makaroni, havermout, dan bihun.

2.      Sumber protein, yaitu sumber protein hewani, seperti daging, ayam, telur, susu, dan keju; serta sumber protein nabati seperti kacang-kacangan berupa kacang kedelai, kacang tanah, kacang hijau, kacang merah dan kacang tolo; serta hasil olahannya seperti tempe, tahu, susu kedelai, dan oncom.

3.      Sumber zat pengatur berupa sayuran dan buah. Sayuran diutamakan yang berwarna hijau dan kuning jingga, seperti bayam, daun singkong, daun katuk, kangkung, wortel, dan tomat; serta sayur kacang-kacangan seperti sayur kacang panjang, buncis, dan kecipir. Buah-buahan diutamakan yang berwarna kuning jingga, kaya serat dan yang berasa asam, seperti papaya, mangga, nenas, nangka masak, jambu biji, apel sirsak, dan jeruk (Almatsier, 2013).

Selain bahan makanan yang dikemukakan di atas, menu sehari-hari juga menggunakan sumber lemak murni, seperti minyak goreng, margarin, mentega, serta sumber karbohidrat murni seperti gula pasir, gula merah, madu, dan sirop.

            Adapun kebutuhan energi harian kita berdasarkan Angka Kecupukan Gizi (AKG) tahun 2013 adalah untuk laki-laki sebesar 2.675 kkal (16-18 tahun) dan 2.725 kkal (19-29 tahun). Sedangkan untuk perempuan sebasar 2.125 kkal (16-18 tahun) dan 2.250 kkal (19-29 tahun). PUGS menganjurkan agar 60-75% kebutuhan energi diperoleh dari karbohidrat (terutama karbohidrat kompleks), 10-15% dari protein, dan 10-25% dari lemak.

            Dengan mengetahui Pedoman Umum Gizi Seimbang, mudah-mudahan teman-teman dapat menerapkan PUGS tersebut sehingga tercipta pola hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari teman-teman.    

 

Qonitah Azzahra

Gizi – Universitas Indonesia

  




By : Qonitah Azzahra

Posted on August 21, 2015 read:100

  • YOT New Edition + T-Shirt

    IDR 149,500




  • rss 
  • youtube 
  • instagram 
  • facebook 
  • twitter