Pedulilah dengan Lingkungan Kita

Apakah kita sudah peduli dengan lingkungan kita? Jawaban dari pertanyaan sederhana ini tecermin dari kelakuan kita, dari yang sederhana seperti membuang sampah pada tempatnya itu mencerminkan kita peduli sama lingkungan kita, lebih sering menggunakan transportasi umum untuk mengurangi pencemaran udara, tidak merokok sembarangan. Tahap yang lebih tinggi seperti tidak membabat hutan dan lahan gambut sembarangan kalau kita menebang dan menanam kembali itu tidak ada masalah, tetapi ketika kita sudah menebang dan membakarnya bukankah kita bertindak jahat? Kita menghilangkan lingkungan hidup binatang liar dan juga mencemarkan udara disekitar sana, tidak pernah terpikirkan?

Di Indonesia yang Kementeriannya seabrek yang di mana kita hanya tingal sebut pasti ada, misalnya yang mengurusi masalah kelautan ada Kementeriannya, mengurusi Kehutanan ada Kementeriannya sampai yang mengurusi pembangunan manusia aja ada. Dengan Kementerian yang sebanyak itu diharapkan dapat meningkatkan kinerjanya bagi masyarakat dan tentunya memudahkan pekerjaan seorang kepala negara.

Lingkungan kita terutama di Sumatera lagi mengalami krisis, di mana-mana berkabut asap penyebabnya adalah sekelompok orang yang membakar lahan dan hutan secara sembarangan, memang setiap tahun Pulau Sumatera khususnya Riau, Palembang, Jambi akan terkena kabut asap, namun sadarkah kita kabut asap yang tahun ini sudah melewati batas kewajaran? Lalu, salah siapa yang tidak peduli terhadap dengan lingkungannya? Si Pembakar hutan atau pemerintah yang hanya diam?

Lingkungan kita di Indonesia tidak pernah dipedulikan oleh kita sendiri, kita membiarkan eksploitasi sana sini, pengeboran minyaklah, lumpur lapindo, freeport semuanya, itu merusak lingkungan kita, lalu apa yang diberikan pemerintah terhadap yang memiliki usaha? Toh, mereka hanya berleha-leha sana sini dan terakhir kali mencalonkan diri menjadi Presiden supaya Lumpur Lapindo ditanggung oleh negara. Banyak orang yang tidak peduli dengan lingkungan kita, kenapa kita tidak memulai dari kita sendiri mulai saat ini untuk peduli walau hanya sedikit kepedulian, mulailah sigap mengkritisi pemerintahan yang mengabaikan lingkungan kita, beri mereka masukan, bantu laporkan ke mereka, jangan hanya diam.

Kalau bukan dari kita yang memulai peduli pada lingkungan kita, kalau tidak saat ini kita mulai, Indonesia nampaknya akan terus dieksploitasi sampai akhir hayatnya, kita memiliki hak untuk hidup yang baik dan sehat karena itu adalah hak asasi setiap warga negara di Indonesia tanpa terkecuali, jadi mulailah peduli dengan lingkungan kita saat ini juga.

  




By : Kelvin Stanley

Posted on September 12, 2015 read:69

  • YOT New Edition + T-Shirt

    IDR 149,500




  • rss 
  • youtube 
  • instagram 
  • facebook 
  • twitter