PELAJARAN DARI TUGAS DAN DEADLINE

Saya baru saja mendapat pelajaran berharga dari sebuah kejadian yang berhubungan dengan dua kata kunci; tugas dan deadline. Seminggu yang lalu, dosen yang mengampu mata kuliah Human Resource Management dan Business English memberikan tugas serentak yang deadline seminggu kemudian atau hari ini. Unfortunately, karena tugas tidak hanya datang dari kedua mata kuliah tersebut, akhirnya kedua tugas yang lumayan berat dan banyak itu baru mulai dikerjakan H-1 sebelum deadline. Kalau saya beralasan sibuk, semua mahasiswa pasti sibuk. Ya, memang saya yang salah. Akhirnya satu hari menjelang deadline itu saya kebut tugas tersebut sampai uring-uringan sendiri. Bisa ditebak, pekerjaan menjadi tak maksimal dan tak bisa terselesaikan. Thank God, dosennya tidak hadir karena beberapa hal. Tapi tetap saja, saya menjadi agak pusing gara-gara kejadian itu.

            Lalu apa pelajaran yang bisa dipetik? Jika ada tugas, lakukan (sebisa mungkin) sekarang juga!! Menunda hanya akan menimbulkan masalah baru dikemudian hari. Pepatah bijak mengatakan, orang yang menunda pekerjaan adalah orang yang menunda kesuksesan. Setiap pekerjaan pada umumnya memiliki tenggat waktu yang tak boleh diterabas. Jika kita menunda pekerjaan, maka sama halnya kita membawa pekerjaan kita ke arah deadline. Jika sudah mendekati deadline, pekerjaan kita tentu tak akan bisa maksimal (tidak semaksimal ketika kita mengerjakannya lebih awal).

            Namun, ada beberapa orang yang lebih suka melakukan pekerjaan mendekati deadline dengan alasan memiliki kesan tersendiri dan amat menantang. Ya, tak bisa dipungkiri tipe orang berbeda-beda. Akan tetapi, dengan melakukan pekerjaan sedini mungkin, kita akan lebih maksimal dalam bekerja yang nanti akan berdampak pada hasil yang maksimal pula. Terserah kita ingin memilih yang mana. Yang jelas, deadline dibuat bukan untuk diterabas, namun sebagai batasan seseorang untuk menyelesaikan pekerjaan. See you on top.

Ahmad Zulfiyan (@azulfiyan),

YOT CA Batch 5 UNJ

  




By : Ahmad Zulfiyan

Posted on November 04, 2014 read:155

  • YOT New Edition + T-Shirt

    IDR 149,500




  • rss 
  • youtube 
  • instagram 
  • facebook 
  • twitter