Pemimpin & Decision Making

Pemimpin sangat identik dengan pengambilan keputusan. Peran dari seorang pemimpin ialah sebagai decision maker. Dalam pengambilan keputusan itu, pemimpin sebaiknya mendengarkan masukan dari anggota tim. Pemimpin yang baik adalah pemimpin yang dapat menghargai pendapat orang lain. Namun ingat! Pemimpin memang harus menghargai pendapat orang lain, namun tetap, keputusan ada di tangan sang pemimpin. Oleh karena itu, pemimpin haruslah bijaksana dalam menerima dan mempertimbangkan segala masukan yang ada. Jangan sampai karena tidak ingin terlihat kaku atau otoriter, pemimpin itu malah menjadi tidak tegas.

 

Terkait pemimpin dan mengambil keputusan, saya pernah diberitahu seseorang, bahwa dalam mengambil keputusan itu, jangan hanya berdasarkan suara terbanyak. Keputusan berdasarkan suara terbanyak itu belum tentu keputusan yang terbaik. Kalaupun keputusan itu hanya disetujui oleh kaum minoritas, pemimpin tidak usah segan untuk mengambil keputusan itu asalkan itu memang keputusan yang terbaik. So, number doesn’t matter here.

 

Dalam mengambil keputusan, sang pemimpin harus berdasarkan pada tujuan yang ingin dicapai oleh timnya. Pilihlah keputusan yang tepat sesuai dengan tujuan tim kamu. Dalam mengambil keputusan, pemimpin juga diharapkan tidak memihak untuk kepentingan pribadi atau golongan tertentu. 

  




By : Ni Putu Ayu Frida Ningsih

Posted on December 08, 2015 read:90

  • YOT New Edition + T-Shirt

    IDR 149,500




  • rss 
  • youtube 
  • instagram 
  • facebook 
  • twitter