Pemimpin yang Baik

 

Jika kalian ingin menjadi pemimpin besar, menulislah seperti wartawan dan bicaralah seperti orator – HOS Cokroaminoto

Bicara tentang kepemimpinan, berarti berbincang tentang pemimpin dan orang-orang yang dipimpin. Masing-masing memiliki kedudukan yang menjelaskan bagaimana pengaruhnya untuk pihak lain. Pemimpin bertugas memimpin, dan pihak kedua adalah orang-orang yang dipimpin. Tentu, keduanya memiliki perbedaan pengaruh. Pemimpin memiliki pengaruh lebih besar daripada orang-orang yang ia pimpin. Makanya, perlu pemimpin yang tepat untuk orang-orang tersebut.

Dalam buku Agility, Rhenald Kasali membandingkan kekuatan dua pemimpin menggunakan pengibaratan singa dan kambing. Seratus kambing yang dipimpin oleh seekor singa lebih berbahaya daripada seratus singa yang dipimpin oleh seekor kambing. Rhenald menyebutnya sebagai agility seorang pemimpin.

Artinya, sosok pemimpin memiliki pengaruh besar dalam sebuah hierarki organisasi, dimanapun itu. Perlu pemimpin yang tepat untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Bagaimana mungkin seekor kambing memimpin seratus singa tanpa memiliki kompetensi yang diperlukan sebagai pemimpin?

Kata motivator, setiap orang adalah pemimpin. Sejak awal, mereka telah mengalahkan berjuta saingan demi mendapatkan sel telur. Bahkan, ada penelitian yang menyebut pemimpin dilahirkan, tidak diciptakan. Namun, setiap hal perlu latihan; kebiasaan. Demi menjadi pemimpin yang baik, perlu memelajari bagaimana bagaimana menjadi seperti itu. Yang paling penting, tentukan dulu apa definisi pemimpin yang baik?

Pemimpin yang tepat diperlukan untuk memimpin sebuah tim. Makanya, presiden, gubernur, walikota, dan pemimpin lain dipilih melalui serangkaian proses panjang yang menyita banyak waktu. Hakikatnya adalah memilih pemimpin yang tepat bagi organisasi tersebut. Jika menganggap pemimpin tak penting, saya kira tak perlu mengadakan pemilihan pemimpin. Toh, semuanya adalah “pemimpin”.

Disini, perlu ditegaskan bahwa perlu pemimpin yang tepat untuk case tertentu. Kita tahu, tipe kepemimpinan seseorang berbeda satu dengan lainnya. Maka, harus disesuaikan dengan bidang apa yang akan dipimpin. Seorang pemimpin perlu memiliki sifat dan kepemimpinan baik. Kata HOS Cokroaminoto, pemimpin besar adalah mereka yang pintar menulis dan cerdas berorasi. Lalu, Rhenald Kasali menyebut pemimpin adalah mereka yang bermental driver dan ber-agility. Lalu, bagaimana kita melihat seorang pemimpin yang baik?

Ahmad Zulfiyan

YOTCA Batch 5 UNJ

 

 

  




By : Ahmad Zulfiyan

Posted on April 13, 2015 read:207

  • YOT New Edition + T-Shirt

    IDR 149,500




  • rss 
  • youtube 
  • instagram 
  • facebook 
  • twitter