Penyebab dan Cara Mengatasi Kebiasaan Menunda

Penundaan adalah masalah yang sering kita dengar. Menunda pekerjaan seringkali berakhir pada penyesalan. Menunda pekerjaan bagaikan mengangkat gelas ditangan, semakin lama gelas tersebut diangkat, semakin berat bobotnya. Padahal aslinya gelas tersebut tidaklah berat. Begitu juga dalam menunda pekerjaan, kebiasaan ini bagaikan candu. Sekali biasa menunda akan terus menunda. Akibatnya bisa kehilangan kesempatan dan momen terpenting, sering menghindari tugas bahkan takut, hidup pun penuh dengan penyesalan.

Ada banyak penyebab seorang menunda pekerjaannya. Karna penyebabnya banyak maka solusinya pun bnayak. Intinya, untuk bisa mengatasi kebiasaan menunda ini, anda perlu mengetahui dengan pasti penyebabnya apa. Setelah itu temukan solusi yang paling tepat.

 

“TUGAS YANG TIDAK MENYENANGKAN”

Tugas yang tidak menyenangkan ini mengakibatkan kita ingin selalu menundanya. Perasaan kita mengatakan bahwa masih ada waktu lain untuk menyelesaikannya. Akhirnya waktu telah mepet tugas pun tidak dikerjakan dengan baik.

Bagaimana cara menyelesikannya ???

Cara terbaik untuk mengatasi masalah seperti ini, anggap tugas tersebut musuh yang harus segera diselesaikan. Seandainya tidak melaksanakan secepatnya meraka akan selalu menghantui hidup kita.

“Ingatlah bahwa ketika anda menyelesaikannya, tersimpan kemenangan yang bermanfaat untuk anda”

Contoh kecilnya anda malas membersihkan kamar mandi, mencuci pakaian misalnya. Hal-hal seperti ini adalah musuh anda yang harus anda lawan. Kamar mandi jika dibiarkan saja bisa menyebabkan penyakit. Pakaian jika tidak dicuci akhirnya kehabisan pakaian dan akhirnya loundry dan membutuhkan uang lagi. Ayo atasi dengan segera tugas-tugas tersebut.

 

 

“TUGAS YANG KOMPLEKS”

Kadang tugas itu tampak begitu sulit dikerjakan. Akhhirnya timbul rasa malas mengerjakan dan memilih menunda. Jika terus seperti ini yang ada tugas tidak dikerjakan sama sekali.

Solusi untuk mengatasi masalah ini adalah: tuliskan langkah-langkah yang hendak dilakukan untuk menyelesaikan tugas tersebut. Pecah planning menjadi bagian-bagian kecil sehingga anda memiliki to-do-list yang harus dilakukan. Lakukanlah planning anda secara bertahap. Jika tidak bisa mengerjakannya dan butuh bantuan orang lain, minta bantuan secepatnya, jangan ditunda.

Intinya temukan terlebih dahulu penyebabnya, lalu fokus cari solusi terbaiknya.

From the desk of Amhar Maulana Arifin

 

“Sering menunda-nunda waktu berarti anda harus bersiap-siap menunda kesuksesan anda”

 

See You On Top!

 

Ridho Warisman

Mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi, Jurusan Sistem Informasi, Universitas Gunadarma

Young On Top Depok

 

  




By : Young On Top Depok

Posted on November 12, 2015 read:402

  • YOT New Edition + T-Shirt

    IDR 149,500




  • rss 
  • youtube 
  • instagram 
  • facebook 
  • twitter