Perlakukanlah orang lain seperti dirimu sendiri.

Jadilah orang baik, nasehat ini selalu menjadi pegangan yang orang tua saya sampaikan kepada saya. Namun kadang saya bingung orang baik seperti apakah yang dimaksud? Kata baik itu definisinya luas. Dalam KBBI salah satu definisi baik adalah patut dan arti patut sendiri itu adalah pantas dan layak. Kita dapat menilai baik atau tidaknya seseorang dari perbuatan dan perilakuknya sehari-hari.  Apabila kita menilai kebaikan seseorang, lalu pertanyaan berikutnya perbuatan baik seperti apakah yang dikatakan baik?

Bukankah dunia ini akan menjadi tanpa konflik apabila seluruh penduduknya selalu berbuat baik? Konflik utamanya disebabkan karena perbedaan yang yang tidak dapat dikompromikan lagi. Orang tua saya berpesan untuk menjadi orang baik itu sebenarnya simpel, perlakukanlah orang lain seperti dirimu sendiri ingin diperlakukan. Terapkanlah standar yang sama bagi dirimu dan orang lain dalam berbuat baik, dengan demikian kamu dapat berbuat baik .

Saat pertama kali mendengar ini, saya agak sedikit bingung karena tentunya saya belum bisa memperlakukan semua orang lain sesuai dengan saya memperlakukan diri saya. Sebagai contoh ketika kita mempertimbangkan untuk membantu teman, tentu kita akan menilai terlebih dahulu bagaimana perbuatan teman kita ini terhadap kita. Pemikiran untuk membalas kebaikan dengan kebaikan dibalikan dengan konsep kebaikan dimana kita memperlakukan orang lain seperti kita ingin diperlakukan.

Artinya untuk menjadi baik, mulailah dari diri kita sendiri dahulu,  kenalilah dirimu sendiri ingin diperlakukan seperti apa. Contoh simpelnya ketika kita ingin disapa oleh orang-orang di sekitar, kita ingin keberadaan kita dirasakan orang lain.

  




By : Aldrian Kuswadi

Posted on January 22, 2016 read:49

  • YOT New Edition + T-Shirt

    IDR 149,500




  • rss 
  • youtube 
  • instagram 
  • facebook 
  • twitter