Practice vs. Natural Talent

Seringnya latihan mampu menciptakan kesempurnaan skills seseorang dan bisa mengalahkan mereka yang katanya ‘lucky’ mendapatkan natural born skills sejak mereka lahir? Kita seringkali menemukan statement tersebut di keseharian kita. But, how is that make sense? Penasaran? Keep reading then!

Here’s a fact, kesempurnaan skills tidak diperoleh hanya karena faktor luck saja. Kesempurnaan itu sendiri adalah hasil dari effort atau usaha  seseorang dalam men-develop skills tersebut. Kita biasa bertemu orang-orang yang pandai menggambar, menari, atau bahkan berbahasa asing dan bertanya-tanya apakah mereka memperoleh kesempurnaan skills itu hanya semalam dan karena keberuntungan? Definitely not.

Meskipun latihan kedengarannya memang mudah untuk dilakukan tetapi tunggu dulu, it takes commitment and consistency! Percaya deh, dibutuhkan proses dan jangka waktu yang panjang, kegigihan, dan kerja keras untuk hasil yang sempurna, namun hasilnya akan jauh lebih bermanfaat dan di luar ekspektasi! How so? Dengan latihan, kita menjadi aware dan familiar akan kesalahan atau kekurangan kita sebelumnya sehingga mampu mencari jalan keluar untuk memperbaiki kesalahan atau menutupi kekurangan tersebut dan menjadi yang terbaik. Berbeda halnya dengan mereka yang born with skills tetapi tidak menyadari dan tidak mengasahnya, kamu akan jauh melebihi kesempurnaan skills mereka!

Bagaimana mungkin mau konsisten kalau latihan itu kan cenderung melelahkan dan membosankan? Ya, jangan dibuat monoton seperti itu! Create dan atur menu dan schedule latihan yang bervariasi agar kita stay motivated! Berdasarkan pengalaman, Saya memperlancar pelafalan bahasa Inggris tidak melulu dengan belajar melalui buku dan membaca, tetapi saya menghiasi menu latihan Saya dengan menonton film untuk mempelajari pelafalan aktor sebagai contoh pelafalan yang baik, banyak latihan di depan cermin, lalu mempraktekannya dengan bercakap-cakap bersama teman, saudara, pelajar asing (native speakers). Ingat, practice can always be fun guys! Happy Saturday!

 
  




By : Levina Caroline

Posted on October 24, 2015 read:56

  • YOT New Edition + T-Shirt

    IDR 149,500




  • rss 
  • youtube 
  • instagram 
  • facebook 
  • twitter