Prinsip Perencanaan

Dear YOTers,

Dalam kehidupan ada berbagai alternatif atau pilihan. Perencanaan dibuat untuk membantu memilih alternatif yang paling baik dan paling efisien. Jadi, perencanaan merupakan kumpulan dari pengambilan keputusan tentang situasi.

Secara prinsipil, perencanaan dilakukan agar setiap kegiatan memiliki tujuan yang jelas dan ada cara yang paling tepat dan efisien untuk mencapai tujuan tersebut.

Dalam kaitan dengan manajemen waktu, perencanaan dibuat agar orang dapat mencapai hasil optimal kendati memiliki waktu yang terbatas. Kenyataannya memang ada banyak tuntutan peran, tetapi waktu yang tersedia sendiri tidak ikut bertambah.

Karena itu prinsip penting perencanaan yang lain ialah bahwa ia harus dibuat berdasarkan fakta atau kenyataan. Ini berarti kita membuat perencanaan hanya beradasarkan apa yang mungkin kita capai dan dengan apa yang kita punya.

Apa yang kita miliki tentu berubah setiap saat karena kehidupan setiap orang bersifat dinamis. Karena itu perencanaan tidak dibuat sekali untuk berlaku selamanya. Perencanaan harus diperbarui terus menerus supaya tetap relevan dan mampu menjawab perubahan.

Perubahan dan penyesuaian rencana bisa dilakukan berkali-kali menurut periode tertentu yang mungkin dibutuhkan. Harian, mingguan, bulanan atau tahunan. 

 

Oleh :
Lisa Amali A R
Politeknik Keuangan Negara STAN
YOTCA batch 6

  




By : LISA AMALIA ARTISTRY RAMADHANI

Posted on December 11, 2015 read:69

  • YOT New Edition + T-Shirt

    IDR 149,500




  • rss 
  • youtube 
  • instagram 
  • facebook 
  • twitter