Rekonsiliasi 40 tahun dalam SENYAP

Dear all YOTers,

Tepat pada tanggal 10 Desember kita memperingati hari Hak Asasi Manusia se-dunia (HAM) dan pada tanggal tersebut serentak memutarkan film dokumenter berjudul SENYAP diberbagai kampus yang mengisahkan tentang tragedi 1965-1998.

Film tersebut sangat menarik, sedikit membuka kebenaran tentang jalan kisah sejarah bangsa yang sesungguhnya. Yang tertutupi permainan politik dan kekuasaan.

Banyak nilai dan lesson learned yang bisa diambil dari film tersebut. Salah satunya REKONSILIASI.

Sudah 40 tahun kejadian itu terjadi, terdiam dalam SENYAP, baru akhir-akhir ini berbagai mulut mulai unjuk suara membuka kebenaran dan mempertanyakan.

Sejarah, kita dicekokin pelajaran sejarah sejak kita SD. Ingatkah kata Bung Karno bahwa bangsa yang besar adalah bangsa yang mengerti dan memahami sejarah bangsanya. Bagaimana dengan sejarah yang sudah mulai menjadi novel fiksi yang dapat diputarbalikkan?

Geram, gemas dan gerah. Itu yang saya rasakan setelah mulai menelaah kebenaran atas jalannya sejarah bangsa ini. Dan saya rasa sebagai generasi muda, kita perlu tau, WAJIB TAHU. Hal itu akan merubah prespektif kita dalam mengambil langkah dan kebijakan kedepannya sebagai Mahasiswa.

Hal ini bukan tentang siapa yang salah dan siapa yang benar. Bukan oknum yang ini atau oknum yang itu. Tetapi kejujuran akan kebenaran sejarah untuk masyarakat, rakyar Indonesia, anak cucu bangsa yang wajib tahu kebenaran yang sesungguhnya.

Setelah itu? Rekonsiliasi. Yang telah pergi tidak akan kembali. Sakit itu mungkin tak akan bisa terobati. Tetapi apalagi yang dapat kita lakukan selain menerima dan mulai tetap hidup berdampingan dan memaafkan?

Gerakan Rekonsiliasi mu wahai Mahasiswa yang turun ke jalan, ku tunggu kejayaan bangsa atas kejujuran sejarah Indonesia

 

By :
Lisa Amalia Artistry Ramadhani
Young On Top Campus Ambassador batch 5
Sekolah Tinggi Akuntansi Negara

  




By : LISA AMALIA ARTISTRY RAMADHANI

Posted on December 13, 2014 read:83

  • YOT New Edition + T-Shirt

    IDR 149,500




  • rss 
  • youtube 
  • instagram 
  • facebook 
  • twitter