Resolusi 2016

Hai YOTers dimanapun kalian berada, apapun yang kalian lakukan, dan dengan siapa kalian melakukannya (loh?). Gimana kabarnya? Semoga selalu baik-baik saja ya. Sekarang kan udah tahun 2016 ya, masih ada aroma-aroma tahun barunya lah ya. Dan tahun baru biasanya identic banget sama yang namanya re-so-lu-si. Nah aku mau cerita sedikit nih soal reseolusi itu makhluk apa sih, hehe.

Singkat cerita, resolusi adalah sepaket tujuan yang ingin kita capai di suatu waktu tertentu. Jadi resoulusi 2016 memiliki arti – tujuan yang ingin dicapai sepanjang tahun 2016. Tujuan itu sendiri banyak macamnya, tergantung masing-masing orang. Resolusi itu sendiri juga bisa berbentuk sesuatu yang simple sekalipun, misalnya – berhenti merokok. Atau bisa juga sesuatu yang kompleks, seperti memulai hidup sehat. Menurut aku pribadi, supaya jelas acuan ketercapaian resolusi kalian, buatlah resolusi yang sifatnya kongkrit dan bisa diukur. Seperti contohnya, lulus dengan IPK diatas 3,50 (aamiin!). Dengan begitu kalian bisa dengan yakin menilai, apakah resolusi kalian sudah benar-benar tercapai atau belum.

Nah disini aku pengen ngasih tahu kalian tips-tips yang menurut aku cukup jitu untuk merumuskan resolusi 2016, khususnya buat yang belum punya resolusinya sendiri. Tips-tips untuk merumuskan resolusi (versi penulis) adalah :

  1. Review/Apresiasi

Loh kok ada 2 opsi? Begini ceritanya, di tahun 2015 tidak menutup kemungkinan kalian mempunyai resolusi yang belum tercapai, nah disinilah yang aku maksud untuk review. Dengan ketidak-tercapainya resolusi kalian, kalian harus mereview dan menganalisis kenapa resolusi tersebut tidak tercapai. Kalian juga yang harus menentukan, apakah resolusi tersebut ingin dilanjutkan di tahun berikutnya, atau ingin benar-benar dibatalkan saja. Kalau boleh menyarankan sih, finish what you started.

Lalu, apa sih yang dimaksud dengan apresiasi? Ini khusus buat kalian yang sudah berhasil mencapai semua resolusi yang direncanakan di tahun sebelumnya. Apresiasi ada banyak caranya, silahkan kalian yang tentukan sendiri. Bisa dengan hadiah untuk diri sendiri atau hal-hal bermanfaat lainnya, you choose.

  1. State your goals

Nah sesudah melakukan poin yang ke-satu tadi, saatnya kita merumuskan hal-hal apa saja yang ingin dicapai di tahun 2016 ini. Jika kalian bingung apa saja yang ingin dicapai karena mungkin terlalu banyak yang ingin dicapai, saran aku coba pilih hal-hal yang sifatnya lebih urgent & important, atau hal-hal yang berkaitan dengan pencapaian cita-cita kalian di masa depan. Misalnya kalian ingin menjadi ahli nuklir. Salah satu resolusi yang bisa kalian rumuskan adalah, diterima di jurusan teknik nuklir, sederhananya seperti itu. Dan pastinya, resolusi yang kalian akan rumuskan itu haruslah sesuatu yang positif, entah bagi diri sendiri ataupun orang-orang dan lingkungan di sekitar kalian.

  1. Come back to environment & society

Nah, poin terakhir ini sebenarnya hanya menjadi pengingat untuk tidak lupa daratan. Maksudnya adalah, seberapa besarpun tujuan yang ingin kalian capai, jangan sampai melupakan orang-orang dan lingkungan di sekitar kalian yang secara langsung maupun tidak telah mendukung kalian untuk mencapai apa yang kalian cita-citakan. Saran dari aku, selipkan resolusi yang akan berdampak positif bagi masyarakat dan lingkungan di sekitar kalian, misalnya resolusi untuk menanam 100 pohon.

Itu dia YOTers 3 tips yang bisa aku share ke kalian menurut versi aku dalam merumuskan resolusi tahunan. Buat kalian yang belum mempunyai resolusinya sendiri, coba mulai dirumuskan dari sekarang dan buat kalian yang sudah punya, semoga semu resolusi baiknya tercapai ya, aamiin.

See you on TOP!

 

Gibran Qadaranta – Universitas Negeri Jakarta - @gibqar

  




By : Gibran Qadaranta

Posted on January 23, 2016 read:98

  • YOT New Edition + T-Shirt

    IDR 149,500




  • rss 
  • youtube 
  • instagram 
  • facebook 
  • twitter