Review YOTNE

Judul              : Young on Top New Edition: 35 kunci sukses di usia muda

Penulis          : Billy Boen

Penerbit        : B first

Tebal             : xvi+ 212 hlm.; 20,5 cm

Harga            : Rp. 49.500

 

Dengan berlatar belakang pertanyaan “kenapa?” kenapa banyak orang yang secara karier berada di “bawah” atau “tengah”? Billy Boen berbagi “tools” yang dibutuhkan untuk berada di puncak karier. “tools” tersebut berdasarkan pengalaman Billy Boen dan orang disekitarnya dalam meniti karier. Jadi, bukan berdasarkan teori semata. Buku ini mendobrak pemikiran lama yang biasanya orang berfikir “Umur 50tahun nanti, aku akan membangun perusahaan… menjadi sukses… dsb” sehingga menjadi “Kalau bisa sukses di usia muda, kenapa harus nunggu tua?”.

Buku ini juga disusun dengan sistematis. Dibagi dalam empat bagian. Bagian pertama, dijelaskan  kunci sukses di usia muda yang diawali dari dalam diri. Sebenarnya ini seperti introspeksi diri. Hal-hal yang harus ditanam dalam diri, seperti Do What You Love & Love What You Do. Melakukan apa yang kamu sukai dan menyukai apa yang kamu lakukan, ini hal yang sepele tapi penting dan apabila tidak diterapkan, kita akan menjalani pekerjaan bagaikan tanpa jiwa. Seseorang akan mendapat hasil yang terbaik jika melakukan sesuatu hal yang dia sukai. Disini, passion adalah factor “x”nya. Namun jika seseorang sudah berada dalam suatu keadaan yang mengharuskan untuk melakukan hal yang tidak dia sukai, maka cobalah belajar untuk mencintai apa yang dilakukan/kerjakan. Kemudian selanjutnya Be Grateful, selalu happy dalam setiap keadaan yang dihadapi dengan cara bersyukur dan positive thinking. Healthy life, Integrity, Dream &think big, bermimpilah yang besar dan jangan takut gagal. Kebanyakan orang takut gagal lalu mereka membuat target/mimpi yang kecil-kecil saja. Tanamkan rasa Confidence dan bersikap On Time. Masalah ketepatan waktu sudah tidak asing lagi didengar. Dari orang yang bekerja sampai anak yang masih bersekolah. Apalagi yang hidup di kota, dimana setiap sudut jalan terkena macet. Harusnya kita bisa memperkirakan kegiatan yang sudah terjadwal dengan hambatan yang mungkin terjadi, seperti macet. Bukan menjadikan macet sebagai alasan orang untuk tidak menghargai waktu.  Selain itu mulailah belajar untuk Open Minded, Respect, Never Give Up. Dan setiap apapun kondisi atau keadaan yang sedang kamu hadapi, Just Perform. Orang selalu mengandai-andai kejadian apa yang akan terjadi bila… maka… dsb. Just perform! Kita tidak akan tahu apa yang akan terjadi jika belum melakukannya. Yang terakhir adalah Be Calm, Be “Smart”. Disini maksutnya, kita harus bisa mengontrol diri. Santai tetapi harus tetap smart. Orang yang sedang dalam emosi, pikirannya tidak jernih sehingga pilihan yang diambil terlihat tergesa-gesa.

Pada bagian kedua, dijelaskan hal-hal yang dapat menunjang karier. Seperti Speed & Automatic Progress Update Report (APUR), kecepatan dan melaporkan proses atas suatu tugas secara berkala. Tindakan tersebut perlu dilakukan. Selesaikan tugas dengan cepat tetapi dengan hasil yang maksimal, karena tugas tidak akan berkurang. Malah sebaliknya, tugas akan terus bertambah dan menumpuk jika tidak segera dikerjakan. Detail Oriented, peka terhadap hal kecil. Tapi bukan berarti harus berfokus pada semua hal yang kecil. The Big Picture, ini yang dimaksud jangan berfokus pada hal yang kecil saja. Kita juga harus bisa menganalisis suatu permasalahan secara keseluruhan. Kemudian, selalu ber Positive Thinking dan mengasah terus Creativity. Kreativitas tidak lahir begitu saja dan kreativitas bukan datang dari faktor keturunan. Kreativitas bisa diciptakan, oleh sebab itu asah terus kreativitas. Kita kerap kali sering dihadapkan dalam suatu masalah. Kadang kita akan bertanya kepada atasan ataupun orang yang kita anggap bisa memberikan solusi.  Namun, usahakan untuk Bring Solutions, Not Problems. Dengan cara tersebut, kita akan semakin berkembang. Ini juga salah satu cara untuk mengembangkan kreativitas. Do Not Assume, Learn From Mistakes, dan Make aLot of Friends tak kalah pentingnya dari hal-hal yang diatas. Kita tidak tahu apa yang bisa teman berikan kepada kita. Jadi, tetaplah terhubung dengan teman lama dan buat teman baru. Juga jadilah orang yang Fair & Objective dan bisa membedakan antara Urgent & Important. Show Leadership. Tunjukkan sikap kepemimpinan. Jangan nyaman dengan hanya menjadi pengikut, mulailah berani untuk menjadi pemimpin. Dan yang terakhir, Fight For Your Team. Menjadi pemimpin bukan berarti kerjanya hanya menyuruh tim dan mengawasi semata. Tetapi pemimpin yang benar adalah pemimpin yang menjadi bagian dari timnya. Pemimpin juga bertanggung jawab atas timnya, maka pemimpin harus berjuang untuk timnya.

Dibagian ketiga ini, Billy Boen  memberi tahu apa-apa saja kunci sukses bertahan dalam karier. Extra Mile, selalu tantang dirimu untuk melakukan suatu hal yang lebih dari yang lain.itu yang membuat orang sukses beberapa langkah lebih maju dari yang lain. Bagaimana melakukannya? Kita bisa memotivasi diri, bisa melalu orang tua, kerabat, maupun dari media. Keluar dari comfort zone, pasang target, don’t save, tantang diri untuk menghasilkan lebih banyak lagi. Terus tantang diri dan do the I.M.Possible. Kemudian Powerful Instinct, setiap hal yang kita lakukan pasti mempunyai risiko. Maka gunakanlah insting. Negotiation, semua orang pasti pernah bernegosiasi. Tetapi tidak semua pandai bernegosiasi. Di buku ini, dijelaskan trik atau persiapan sebelum bernegosiasi, seperti ketahui apa yang ingin dicapai, buat target yang menguntungkan tapi masuk akal. Dengan begitu, terkesan tidak egois. Cari tahu orang yang akan diajak bernegosiasi dan apa yang dia inginkan, persiapkan data dan coba untuk mengatur tempat yang membuat nyaman. Humor, berikanlah sense of humor. Ini perlu untuk mencairkan suasana, tetapi gunakan pada saat yang tepat dan orang yang tepat. Nowhere to Hide, semakin tinggi dalam berkarier, tanggung jawab semakin besar. Oleh sebab itu, jangan bersembunyi dari masalah. Tapi hadapi masalah tersebut. Constructive Critism, kebanyakan orang menganggap bahwa dirinya yang benar. Terimalah kritik. Itu yang membuatmu bisa memperbaiki diri. Namun, tidak semua kritik membangun. Jadi, pintarlah menganalisis kritik. Apakah membangun atau tidak. Humble, diatas langit masih ada langit. Jangan menjadi orang yang sombong, tetaplah rendah hati dimanapun, kapanpun, kepada siapapun dan apapun jabatanmu sekarang. Keep Searching, manusia tidak akan pernah puas dengan apa yang telah dicapai, maka teruslah belajar, teruslah mencari. Share & Receive, orang banyak berfikiran jika dia berbagi pengetahuan yang ia miliki, orang lain akan melebihi dirinya. Sehingga, orang tidak akan sepenuhnya membagi pengetahuan yang dimiliki. Padahal, jika kita berbagi dengan sepenuhnya, orang memang mungkin akan menyamai atau bahkan melebihi kita. Namun, jadikan hal tersebut menjadi dorongan atau motivasi untuk terus belajar. Sehingga, kita tidak akan merasa puas dan terus belajar. Hal-hal diatas jika disimpulkan, punya keterkaitan satu sama lain.

Bagian keempat. Up to You, You Do It. Dari semua hal yang sudah diberikan oleh Billy Boen, sekarang semuanya ada di tangan kita sendiri. Kita yang menentukan kemana arah yang akan kita pilih. Yang lain hanya jadi faktor pendukung, hidup kita milik kita dan kita sendiri yang menjalankan. Jadi, pilihanmu untuk sekedar membaca buku ini atau menyerap dan mempraktekannya dalam kehidupan.

Mengapa buku ini menarik?

Buku ini adalah salah satu buku yang menjelaskan secara simple bagaimana  seseorang meraih puncak karier. Dengan gaya bahasa yang mudah dimengerti, tidak kaku, dan tidak bertele-tele menjadikan buku ini banyak diminati oleh sebagian besar kaum muda. Setelah membaca buku ini, saya tersadar ternyata banyak pemikiran-pemikiran kolot yang tertanam dalam diri saya selama ini. Dan yang sudah saya jelaskan pada review diatas, buku ini tidak sekedar teori. Tapi berdasarkan pengalaman Billy Boen dan orang disekitarnya. Billy Boen juga pandai meng-analogikan sesuatu sehingga masuk akal dan dapat diterima. Banyak juga quotes-quotes dari orang-orang sukses yang dimasukkan kedalam buku ini sehingga kita membaca buku ini sambil termotivasi oleh quotes-quotes yang ada. Ada juga kalimat yang diulang dari sub bab pembahasan yang ditaruh dibagian pinggir halaman, gunanya untuk penekanan bahwa kalimat tersebut adalah kalimat inti. Jelas, saya sangat terinspirasi dari buku ini.

  




By : Eriska Nugrahani

Posted on March 07, 2014 read:177

  • YOT New Edition + T-Shirt

    IDR 149,500




  • rss 
  • youtube 
  • instagram 
  • facebook 
  • twitter