Rich Teen, Poor Teen

Dear YOTers,

Pada notes kali ini saya ingin memberikan sedikit lesson learned yang saya dapat dari buku Rich Dad, Poor Dad karya Robert T.Kiyosaki.

Buku ini sangat bagus dan recommended untuk dijadikan bahan bacaan yang sangat berkualitas. Yang pasti buku ini akan memberikan YOTers pencerahan tentang sudut pandang kenapa orang kaya makin kaya dan yang miskin makin miskin.

Kita mulai hal sederhana. Ayah saya pernah berkata pada saya bahwa jika misal kita membagi rata seluruh harta di dunia sehingga setiap orang memiliki harta kekayaan yang sama persis, maka beberapa tahun kemudian kita kemungkinan akan tetap mendapati orang yang dulunya kaya akan tetap menjadi kaya dan yang miskin menjadi miskin kembali. Kenapa? Karena pola pikir yang tertanam berbeda antara pola pikir orang kaya dan pola pikir orang miskin.

Orang kaya jika mendapat penghasilan, mereka cenderung bersabar dan tidak menikmati kekayaannya lebih dulu. Mereka lebih memilih sebagian besar penghasilannya untuk investasi agar kekayaannya semakin bertambah.

Sedangkan orang miskin jika mendapat penghasilan maka cenderung berpikir uang tersebut digunakan untuk membeli sesuatu atau konsumsi. Bukan untuk investasi. Sehingga, tidak perlu ditanya lagi bahwa hasilnya yah kita bisa menebak sendiri.

Orang kaya cenderung berpikir bagaimana suatu saat dia tidak lagi perlu bersusah payah mengejar uang dan uang yang datang sendiri secara sukarela kepadanya, walau di awal dia memang harus sangat bersusah payah.

Sedangkan orang miskin cenderung berpikir untuk bekerja demi uang. Mereka yang berusaha mencari uang, bukan uang yang mencari mereka. Sehingga kehidupan mereka terbatas pada jumlah gaji yang mereka terima tanpa bisa lebih ataupun kurang. Mereka tidak bisa menentukan penghasilan mereka sendiri.

So, yang mana pilihanmu YOTers?

by :
Lisa Amalia Artistry Ramadhani
YOTCA batch 6 - Politeknik Keuangan Negara STAN

  




By : LISA AMALIA ARTISTRY RAMADHANI

Posted on September 11, 2015 read:93

  • YOT New Edition + T-Shirt

    IDR 149,500




  • rss 
  • youtube 
  • instagram 
  • facebook 
  • twitter