Saatnya ANAK-ANAK MUDA Jakarta Menentukan #DKI1 (part 1)

Hi YOTers,

Kalau tidak salah, 5-6 tahun yang lalu, my Dad pernah ngenalin saya ke salah satu pengamat ekonomi Indonesia terkenal, yang namanya seringkali mengisi kolom-kolom berbagai surat kabar nasional, Faisal Basri. Kala itu, my Dad bilang, "Kamu harus kenal dan belajar dari Om Faisal, dia orang pintar dan JUJUR".

Sejak saat itu, saya tidak pernah ketemu Bang Faisal. Tau-tau, tahun lalu saya dengar pencalonan dirinya dari jalur Independen untuk menjadi DKI1 di Pilkada 2012. Dan, lewat twitter, saya mulai tahu bahwa Bang Faisal mencoba menggalang dana dari masyarakat, dan berusaha setransparan mungkin; hasil sumbangannya diposting di websitenya. Hmm, apa yang dia lakukan ngga lazim. Tapi saya ngga kaget, kenapa? Ya karena my Dad pernah kasih tau ke saya bahwa Bang Faisal itu orang yang JUJUR.

Hingga 2 bulan lalu, (mungkin) saya masih seperti anak-anak Jakarta pada umumnya,.. ngga peduli soal Pilkada DKI. Tau-tau, saya terima telpon dari Mas Ijul, orang dekat Bang Faisal, yang mengaku dapat nomor hp saya dari my Dad. Di satu malam, kami janjian untuk ketemuan di Rolling Stone Cafe. Hadir beberapa teman dekat dan tim VOLUNTEER Faisal-Biem (bukan Tim Sukses, karena mereka tidak dibayar; menurut pengakuan Bang Faisal, "Gimana mau bayar, uang dari mana? Semua sifatnya bantu. Berdaya bareng-bareng"). Bang Faisal sendiri datang dengan naik motor (kayanya sih naik ojek), menurut pengakuannya,.. kalau naik mobil, bisa telat! Apa yang terlintas di pikiran saya? "WOW!"

Pada kesempatan itu, saya bertanya banyak hal, termasuk bagaimana Bang Faisal akan memimpin dan menjalankan proyek-proyek pembangunan di Jakarta. Kenapa saya nanya demikian? Karena anggaran semua dikuasai oleh DPRD, dengan kata lain, anggaran dikuasai Partai Politik. Bang Faisal menjelaskan, bahwa kalau anggaran yang diajukan tidak disetujui, maka otomatis, anggaran yang bisa dipakai adalah anggaran yang telah disetujui sebelumnya. Dan, masih banyak lagi pertanyaan-pertanyaan yang saya ajukan. Saya benar-benar ngga mau kehilangan kesempatan untuk belajar malam itu.

Di malam itu pula lah, saya tahu bahwa apa yang my Dad pernah bilang ke saya, bahwa Bang Faisal adalah orang yang pintar dan JUJUR jelas terlihat. Dia juga adalah orang yang sederhana. Cukup kaget ketika saya tahu bahwa untuk kampanye, Bang Faisal menjual rumahnya di daerah Kebayoran Baru. Hmm...

Sejak malam itu, saya bertemu Bang Faisal sekali lagi, di kesempatan di mana Bang Faisal dan tim VOLUNTEER-nya bertemu dengan anak-anak muda dari berbagai kalangan. Ada Glen Fredly, ada Salman Aristo, Kojek (Rapper Betawi), dan masih banyak lagi.

-- BELAJAR DARI KEMENANGAN BARACK OBAMA --

Di dua kesempatan itu, plus di satu kesempatan berdiskusi dengan tim VOLUNTEER-nya, saya sampaikan bahwa saya berharap inilah SAATNYA ANAK-ANAK MUDA JAKARTA YANG MENENTUKAN #DKI1. Barack Obama baru 'masuk radar' dan terkenal ketika dia memberikan pidato di Democratic Conference tahun 2005 kalau tidak salah. Semua orang saat itu tercengang melihat seorang anak muda yang tergolong 'hijau' di politik Amerika, mampu memberikan speech yang begitu sempurna, dengan kharismanya.

Namun, yang membuat Obama menang dan menjadi Presiden AS ke-44 adalah.. ketika dia mampu untuk 'connected' dan 'enggaged' dengan anak-anak muda AS yang sudah muak dengan politisi tua yang selama ini hanya bisa janji-janji belaka. Dengan kampanyenya yang terkenal "YES WE CAN!", dia berhasil membuat sejarah dalam pemilihan Presiden AS. Sejarah apa? Pemilu AS yang memenangkan Obama sebagai Presiden itu mencatat jumlah anak muda-muda yang datang ke TPS tertinggi sepanjang sejarah pemilu AS!

Dengan kata lain, Obama menang karena dipilih oleh anak-anak muda AS! Waktu itu beberapa Advisornya adalah Steve Jobs dan Mark Zuckerberg. Hmm,.. kalau Advisornya Bang Faisal: Andrew Darwis, seru kali ya?

Anyway, apakah DKI1 di pilkada mendatang tanggal 11 Juli juga akan ditentukan oleh anak-anak muda Jakarta yang peduli akan kotanya (yang sudah MUAK dengan kelakuan para politikus di Partai Politik)?

-- KENAPA SAYA MILIH FAISAL-BIEM --

Tanggal 11 Juli 2012 nanti, saya akan ke TPS untuk memilih. Menurut saya. jadi golput itu ngga asik! Saya sadar bahwa kalau saya ngga milih, berarti saya ngga peduli dengan kota di mana saya dilahirkan, dibesarkan, dan berbisnis. Dan, rasanya ngga fair kalau saya hanya mencaci maki lewat twitter soal DKI1 yang kerjanya ngga becus, kalau saya sendiri ngga meluangkan 5 menit untuk pergi ke TPS untuk memilih No.5.

Kenapa saya akan memilih No.5? Banyak alasannya, tapi cukup 3 hal yang mungkin akan saya utarakan di sini, yang menurut saya sangat mudah untuk dicerna oleh YOTers:

1. Pembangunan di Jakarta 'ngga jalan' karena KORUPSI. Jadi, kalau ada Cagub yang JUJUR, Cagub inilah yang pantas untuk mendapatkan suara rakyatnya. Kalo DKI1-nya JUJUR, setidaknya pembangunan sudah 'setengah jalan'. Proses pembangunan sering mandek di tahap awal, karena di 'meja perundingan' itulah biaya membengkak. Dan, kalau ada yang merasa tidak mendapatkan yang sesuai dengan apa yang dia inginkan, sabotase pun terjadi. Mau pembangunan di Jakarta jalan? Pilih DKI1 yang JUJUR.

2. Saya milih Cagub yang INDPENDEN. Kenapa? Karena mau sepinter apapun si Cagub, kalo dia dari Partai, dia 'wajib hukumnya' untuk balas budi. Dia wajib untuk 'menghasilkan' untuk Partai pendukungnya. Dengar-dengar katanya kalau mau didukung Partai kecil, biayanya Rp.40M?! Bener ngga sih? Nah, kalau gaji DKI1 selama 5 tahun cuma sekian M (termasuk tunjangan2), gimana balas budinya? Hmm, mungkin dari 1-5% dari anggaran DKI yang jumlahnya belasan TRILIUN?

3. Karena saya orang sipil dan berpendidikan, saya juga milih Cagub yang dari sipil dan berpendidikan. Kalo dari militer,... hmm, apa ya? Ah, YOTers tau sendiri lah.

11 Juli 2012. Saya berharap inilah SAATNYA ANAK-ANAK MUDA MENENTUKAN SIAPA DKI1-nya! Ayo, Saya yakin kalau SELURUH ANAK-ANAK MUDA JAKARTA mau, kita bisa KALAHKAN PARTAI POLITIK dalam Pilkada ini. Saya akan memilih, kamu?

@BillyBoen

*** Baca juga email dari my Dad dan email dari Bang Faisal Basri untuk saya

  




By : Billy Boen

Posted on July 06, 2012 read:2,702

  • YOT New Edition + T-Shirt

    IDR 149,500




  • rss 
  • youtube 
  • instagram 
  • facebook 
  • twitter