Salah! Apa Salahnya?

Assalamu ‘Alaykum, Hai YOTers, pernah ngelakuin kesalahan yang buat kamu malu ama orang sekitar? Kesalahan yang sebenarnya juga nggak kamu harapkan dan udah kamu usahain untuk nggak terjadi. Saya sering, dan sekarang saya mulai merasa senang saat melakukan kesalahan, kenapa? Karena itu adalah awal dari yang namanya pembenaran atau koreksi. YOTers, tidak ada orang yang luput dari kesalahan dan tidak ada pula larangan untuk melakukan kesalahan. Justru yang salah adalah jika melakukan kesalahan tapi tidak mau mengakui dan tidak mau memperbaiki kesalahan tersebut.

YOTers, bulan lalu saya melakukan kesalahan yang sangat saya sesali, telat mengumpulkan tugas karena mengira (assume) kalau deadlinenya pukul 12 malam, padahal kenyataannya adalah pukul 1 siang. Kecerobohan yang seharusnya bisa saya cegah. Tapi, sekarang justru saya mensyukuri kesalahan itu, karena dari kesalahan itu saya punya tekad untuk jadi lebih baik dan tentunya “Extra Mile”.

Saya memperbaiki keterlambatan dengan tepat waktu ditambah tugas yang jauh lebih baik, kan harus “Extra”, jadi lebih baiknya juga nggak boleh stengah-stengah. Sayangnya YOTers, saya bukan orang kreatif yang bisa buat desain, gambar, video atau segala macam hal yang membutuhkan kreativitas, tapi saya cukup bisa merangkai kata dengan baik, jadi saya gunakan itu untuk memperbaiki kesalahan yang sudah saya lakukan. Dari tugas yang hanya 2 halaman bermetamorfosis di bulan berikutnya jadi 11 halaman yang saya buat lebih eye catching dengan beberapa gambar lucu yang saya sukai.

See YOTers, kalau saya tidak melakukan kesalahan, mungkin saya tidak akan melakukan hal tersebut, karena sudah merasa cukup hanya dengan mengumpulkan tugas tepat waktu. Dan diluar dugaan saya, tugas yang maksimal ini benar-benar memberikan kepuasan tersendiri, I’ve did my Best, apapun hasilnya saya nggak akan kecewa lagi, itu yang tertanam dalam benak saya setelah mengirimkan tugas itu.

But, do you know, YOTers? Itu jadi “The Best” di bulan ini. Hadiah untuk usaha yang maksimal saya pikir, yang penting mau usaha, dan belajar dari kesalahan. Jangan hanya tidak melakukan kesalahan yang sama tetapi menambahkan pencapaian yang bisa buat orang lain lupa atas kesalahan yang pernah ada. Sekian cerita dari saya, Jangan berhenti belajar YOTers! Karena semakin kita belajar, maka semakin terasa betapa kurangnya hal yang kita ketahui. Keep Learn and Share :)

 

Cheers,

 

 Ana Ainul Syamsi

YOT CA Universitas Bakrie

@ainulsyamsiana

  




By : Ana Ainul

Posted on September 29, 2013 read:286

  • YOT New Edition + T-Shirt

    IDR 149,500




  • rss 
  • youtube 
  • instagram 
  • facebook 
  • twitter