sariawan

Hallo Yoters ! udah mandi belom ? mandi gih. Seperti biasa gua Dimas YOTCA dari Binus bakal banyak bincang-bincang lucu bareng kalian. Hayo tebak mau ngomongin apanih ? yak gua kali ini mau ngomongin masalah yang cukup krusial. Penyakit ini sering kali ngebuat orang jadi susah ngapa-ngapain. Bahaya banget. Bisa tebak ? yak. SARIAWAN. Buset ni penyakit jadi bikin males semuanya. Males makan, males ngomong, males belajar(ini emang dasarnya males). Gua sendiri sih beberapa kali ngerasa kalau sariawan bisa bikin hidup kita jadi sedih mulu. Lebay sih, tapi yang jelas sariawan tu ganggu banget. Saking ganggunya pernah tu gua, lagi asik-asik makan tiba-tiba mulut nyut nyut an sendiri. Kan gua jadi sedih. Trus gua pake obat deh. Eh ilang, sariawanya. Sariawan ilang, obatnya ketelen. Pait. Sedih lagi gua.

 

            Jadi gitu guys pengalaman gua. Seru ya ? emang. Sekarang sahabat YOTERS tau ga apa aja si yang menyebabkan kita bisa jadi sariawan selain ngeliat mantan punya pacar duluan ? banyak loh guys. Ni gua bahas satu satu ya.

  1. Kebersihan mulut yang tidak terjaga dengan baik. Nih sahabat yoters kalo abis sarapan jangan lupa sikat gigi. Jadi hati bersih, gigi juga bersih. Gitu kan asik. Ye gak ?
  2. Sistem kekebalan tubuh yang menurun. Nah kalo yang satu ini sahabat yoters harus sering jaga-jaga kesahatan. Jadi bukan hanya gebetan aja yang kita jaga, tapi kesehatan juga.
  3. Penggunaan obat-obatan tertentu, misalnya antibiotik atau kortikosteroid. Nih yg doyan minum obat. Hati hati guys.
  4. Penggunaan gigi palsu. Penggunaan gigi palsu itu bisa nyebapin sariawan loh. Apalagi pemakaian hati palsu. Bisa baperan.

 

Nah tadi itu 4 penyebabnya nih sahabat yoters. Udah pada tau kan ? kalo udah pada tau dijaga bener-bener yah. Jangan sampe atit. Ntar aku jadi atut. Oke. Nah kalo tadi gua udah jelasin soal penyebabnya. Ga lengkap kalo gua ga jelasin sama solusinya nih. Gua kasih juga gimana si cara buat mencegahnya nih. Cekidot.

Sariawan itu bisa loh dicegah dengan cara yang sangat mudah. Di antaranya tu guys dengan menjaga kebersihan mulut (misalnya rajin sikat gigi dan berkumur),trus juga menjaga kebersihan gigi palsu yang digunakan, serta yang paling paling paling penting nih. berhenti merokok. Tuh udah bikin penyakitan yang berat-berat ngerokok bisa memicu sariawan. Dih kan gaenak ya. Selain itu yoters, kita harus merawat dan memeriksakan kondisi mulut serta gigi secara teratur ke dokter gigi. sapaya membantu menurunkan risiko munculnya sariawan. Karena kan si doi lebih tau soal gigi gitu. Jadi sariawan dan teman-temanya bisa teratasi.

 

Sekian sharing gua nih ! mangat.

  




By : hananto dimas m

Posted on December 11, 2015 read:64

  • YOT New Edition + T-Shirt

    IDR 149,500




  • rss 
  • youtube 
  • instagram 
  • facebook 
  • twitter