SBMPTN #Throwback

Dalam waktu dekat akan diadakan sebuah seleksi nasional untuk seluruh pelajar SMA yang akan berebut kursi di perguruan tinggi impiannya. Saya teringat akan kisah saya mengenai hal ini, 2 tahun lalu. Masa-masa dimana saya merasa begitu dekat dengan Tuhan, begitu ditunjukkan jelas di hadapan saya, tentang kuasa Tuhan yang luar biasa atas hidup manusia.

I’ve failed in SBMPTN. Yes, no one of them. Walaupun pilihan ketiga ku dengan PG yang jauuuuh di bwah skali, aku tetap tidak diterima di sana. Menyedihkan? Dulu aku berpikir begitu. Sempat terlintas di pikiranku, apakah aku sebodoh itu sampai PG terbawah skalipun aku tidak bs lolos di sana. Apa salahku? Kecewa, feel sooooo failed, melihat ortuku tersenyum dibalik kekecewaannya itu….. sakit. It was really hurt me. :’)

Aku menangis hampir lebih dari 4 jam setelah pengumuman itu. Menangis? Yap. Aku menangis, entah berapa puluh lembar tissue yang aku habiskan. Selanjutnya? Aku mengikuti apa kata orang tuaku.

Aku mulai mencari-cari informasi tentang pendaftaran mandiri di PTN yang tersisa dan beberapa swasta. Apakah aku tetap kuekuh di Kedokteran mengikuti idealismeku? Inginnya sih begitu, tapi aku tidak ingin memaksakan kedua orang tuaku. Ekonomi keluargaku saat ini sedang sulit, dan aku masih memiliki dua orang adik laki-laki di bangku SMP dan SD. Aku memilih untuk lebih memprioritaskan adik2ku daripada aku.

Aku memendam idealisme ku dan mengikuti pertimbangan orang tuaku.

Aku mendaftar di salah satu perguruan tinggi negri di kota malang dan memilih jurusan sesuai pertimbangan orang tuaku. Dari segi ekonomi dan peluang kerja nantinya serta pertimbangan jika aku kembali berjuang di sleksi tulis tahun depan.

Oia, aku akui dulu aku mengejar impianku di Kedokteran Unair. Haha.. Idealisme skali ya? Ya mungkin. Lalu apa aku ikut di tes Mandiri nya? Haha.. tidak. Bukan aku tidak ingin, tapi Tuhan memang tidak ingin aku di sana spertinya. Dan Tuhan menyadarkanku ketika kuliah.

Saat kuliah, aku baru menyadari bahwa aku bukanlah anak IPA. Hahaha... Aku lebih condong ke IPS dan senang dengan hal berbau sosial, hubungan antarmanusia dan hafalan. Bukan hitungan. :D

Saat tahun 2014, ada sedikit masalah ketika gejolak hati muncul rasa tidak nyaman berkuliah di tempatku sekarang. Aku jatuh hati kepada kampus sebelah, Universitas Indonesia. Tapi melihat SBMPTN 2013 ku tertolak mentah-mentah bahkan pada pilihan terbawah sekalipun, apakah aku mampu untuk dapat diterima di salah satu universitas ternama di Indonesia? Dan aku mencoba.

Karena kesibukan kuliah, aku tidak sempat belajar SBMPTN sama sekali (jangan ditiru ya) hehe.. But, the answer is? I'm accepted. Saya diterima, dipilihan pertama, Universitas Indonesia-Fakultas Sosial dan Ilmu Politik tepatnya di Jurusan Ilmu Politik. Jurusan yang saya inginkan. :') Tuhan memberitahukan bahwa sesungguhnya aku punya kemampuan itu, dan aku gagal tahun lalu bukan karena aku begitu bodoh, tapi memang Tuhan tidak menghendaki aku disitu.

Karena suatu alasan tertentu dan orang tua, saya tetap bertahan di kampus lama saya, karena pada 2016 saya akan lulus, saya bertekad langsung untuk melanjutkan S1 di kampus dan jurusan impian saya.

Saya tidak peduli apakah ijazah saya diakui atau tidak saat saya telah penempatan di Kementerian Keuangan, karena yang saya kejar bukan sekedar ijazah dan jabatan. Tapi ilmu, impian dan aktualisasi diri atas keinginan untuk belajar ilmu yang saya suka.

Untuk YOTers yang setelah ini akan SBMPTN, SNMPTN dan sejenisnya, bersyukurlah jika kalian diterima, itu berarti Tuhan menghendaki impian kalian, tapi Tuhan juga menitipkan misi di dalamnya, lakukan yg terbaik dan selesaikan misi itu. Untuk yang belum diterima, Tuhan punya kisah yang lebih baik untukmu dan Tuhan punya misi lain yang ingin kalian jalani. Tetap berikan yang terbaik. Kalau kata orang jawa sih, "Gusti Pangeran mboten sare", Tuhan tidak tidur. Tetaplah berjuang :D

By :

Lisa Amalia Artistry Ramadhani
Sekolah Tinggi Akuntansi Negara
Young On Top Campus Ambassador batch 5

  




By : LISA AMALIA ARTISTRY RAMADHANI

Posted on February 21, 2015 read:96

  • YOT New Edition + T-Shirt

    IDR 149,500




  • rss 
  • youtube 
  • instagram 
  • facebook 
  • twitter