Semua kejadian Bersifat Netral

Lo pernah gak ngalamin satu hari yang rasanya tuh bener-bener bad day? Dari pagi sampe malem rasanya kesialan menimpa lo bertubi-tubi. Biasanya lo pengen banget skip hari itu rasanya. Tenang, lo gak sendirian kok. Semua orang pasti pernah ada di titik ini, ngerasain ini, dan (belum) berdamai dengan hal ini. Nah, disini gue mau kasih insight buat lo semua nih buat menyikapi ini semua. Jadi satu hal yang harus lo tau bahwa setiap kejadian yang ada di sekeliling lo itu sifatnya netral, abu-abu, dan tidak memihak.

Dalam kehidupan sehari-hari, rangkaian kejadian terjadi dalam hidup lo. Disini, seperti yang gue bilang tadi, semuanya bersifat netral. Namun, hal itu akan menjadi bias saat persepsi lo masuk kedalam kejadian tersebut. Misalnya, ketika lo terlambat masuk kelas karena kondisi jalan raya yang macet. Lo yang harusnya masuk kelas jam 8 pagi, karena ada kondisi eksternal dalam diri lo, yaitu kemacetan, menyalahkan kemacetan tersebut atas keterlambatan lo dan memandang hal itu sebagai hal yang negatif. Padahal sebenernya hal itu sifatnya netral. Nah, coba kita telaah lebih lanjut. Kemacetan, kondisi lalu lintas, orang-orang di luar sana, adalah hal yang bersifat eksternal. Lo ga bakal mungkin bisa mengontrol itu semua, karena itu adalah hal yang sia-sia. Jika lo berfikir bahwa hal itu adalah hal yang negatif, maka lo akan blame semua hal eksternal itu. Tapi jika lo mau berpikir positif, kemacetan yang ga bisa lo hindarin itu bisa jadi pemicu lo untuk bangun lebih pagi  dan lo bisa meminimalisir peluang lo untuk telat. Lagipula, udara pagi yang segar baik untuk kesehatan, bukan?

Ya, tulisan diatas adalah segelintir contoh kecil dari kejadian yang ada dalam kehidupan kita setiap harinya. Bagaimana kejadian itu dapat dipandang dan diambil perspektifnya itu murni atas kendali kita. It’s about perspective. Lo gak akan bisa merubah keadaan eksternal, tapi berita bagusnya adalah lo punya kendali penuh atas kondisi internal dala diri lo untuk melihat suatu permasalahan dari berbagai sudut. 

  




By : Galih Sang Surya Buana

Posted on November 20, 2015 read:127

  • YOT New Edition + T-Shirt

    IDR 149,500




  • rss 
  • youtube 
  • instagram 
  • facebook 
  • twitter