Servant Leader?

Semangat pagi pemuda Indonesia!

Ayo persiapkan diri kita untuk menjadi pemimpin Indonesia dan membangun Indonesia yang Raya.

Berbicara tentang pemimpin, di sini saya ingin share tentang istilah baru yang saya temukan, yaitu ‘servant leader’. Servant leader itu bagaimana sih?

Servant leader itu adalah pemimpin yang mampu mengarahkan serta membimbing timnya, baik melalui perkataan maupun tindakan. Jadi si pemimpin tidak hanya memberikan tugas, tapi juga membantu timnya untuk menyelesaikan tugas itu dengan baik. Servant leader membantu untuk mempelajari vital skills yang dapat meningkatkan kualitas baik dari timnya itu sendiri maupun organisasinya. Jadi pelayanan dari seorang pemimpin itu berupa mentoring terkait tugas dari timnya itu. Ketika pemimpin meminta timnya untuk membuat proposal, misalnya. Terlebih dahulu si pemimpin harus tau proposal yang baik itu seperti apa, sehingga pemimpin itu nanti dapat mengoreksi serta memberikan masukan kepada timnya.

Pemimpin itu juga sebaiknya selalu ada ketika dibutuhkan oleh tim. Dapat meluangkan waktu untuk mendengar keluhan dan aspirasi tim serta memperbaiki kualitas dari timnya. Investasi waktu itu sangat penting, karena seorang pemimpin tidak dapat merubah mindset timnya dalam waktu sekejap. Kesabaran juga sangat diperlukan dalam hal ini.

“By serving your employees, you can build a happier, more-productive business with a better bottom line. “

  




By : Ni Putu Ayu Frida Ningsih

Posted on October 11, 2015 read:65

  • YOT New Edition + T-Shirt

    IDR 149,500




  • rss 
  • youtube 
  • instagram 
  • facebook 
  • twitter