Siap Isu Global?

Halo YOTers, setelah seminggu mulai masuk perkuliahan efektif kembali, ada satu mata kuliah yang bisa saya ambil pesannya ataupun sharing. Mata kuliah tersebut adalah mata kuliah isu global kontemporer. Mata kuliah tersebut pastinya secara garis besar akan membahas isu-isu dunia saat ini. Dimana jika pada jaman dahulu, permasalah dunia terfokus pada perang. Namun, setelah perang dingin kekuasaan di dunia menjadi multipolar disamping itu perkembangan teknologi yang semakin pesat. Sehingga masyarakat dunia yang tadinya berfokus pada masalah perang, sekarang muncul masalah-masalah baru yang menjadi perhatian dunia. Apa saja sih isu-isu global tersebut? Apakah dapat membahayakan keamanan kita?

Isu-isu global kontemporer itu beragam dan banyak sekali contohnya karena kejadiannya terus berulang dan menjadi perhatian dunia. Seperti kemiskinan, sumber air, kelaparan, iklim dan cuaca ekstrim, migrasi, nuklir, teroris, penyakit, HAM, Energi, dan banyak lagi. Isu-isu tersebut tidak hanya terjadi di satu negara melainkan dirasakan pula di negara lain. Oleh karena itu, para delegasi negara berkumpul dan membuat agenda-agenda baru isu global yang harus di bahas untuk menarik solusinya. Kemiskinan sering kita temui bahkan di negara maju pun yang kaya dengan teknologi juga pasti kemiskinan dapat dijumpai hanya perbedaan pada persetase tingkat kemiskinan saja. Lingkungan dan penyakit sering juga dijumpai karena efeknya sudah dirasakan. Seperti perusakan lingkungan yang berakibat pada cuaca ekstrem. Cuaca ekstrem baru-baru ini bisa kita temukan di Mekkah, dimana akibat badai pasir sehingga crane runtuh dan memakan korban jiwa. Ada pula penyakit yang menyebar seperti HIV/AIDS yang apabila tidak segera ditangani akan mengancam keberadaan manusia. Atau seperti efek global warming yang menyebabkan suhu di daerah kita semakin panas. See YOTers? Pada zaman modern ini dimana semua fasilitas yang tersedia untuk mendukung aktivitas kita semakin dibuat praktis, pembangunan yang besar-besaran sehingga yang tadinya lahan tanaman seluas ber hektar-hektar harus digantikan dengan gedung-gedung pencakar langit sehingga tidak adanya penyerapan.

Semua masalah tersebut merupakan isu global, dan kita nih YOTers sebagai anak muda atau generasi penerus bangsa Indonesia harus tetap survive demi keberlangsungan hidup. Tentunya dengan isu global tersebut, akan mengancam keamanan kita walaupun tidak secara langsung. Bagaimana kita mencari jalan keluarnya? Kebanyakan anak muda jika diberikan atau dihadapkan pada suatu fenomena yang dapat dijadikan renungan, akan langsung mencari siapa pelaku atau dalan dibalik fenomena tersebut. Salah besar jika YOTers berfikiran seperti itu. Sebelum memberikan perubahan kepada orang lain maupun lingkungan sekitar, kita harus perbaiki diri sendiri dahulu. Apakah kita sudah melakukan hal kecil namun memberikan sumbangsih dalam menyelamatkan bumi kita yang sudah tua ini?

Banyak cara untuk kita nih YOTers sebagai pelajar maupun mahasiswa untuk memberikan peranan dalam isu global tersebut. Seperti tidak membuang sampah sembarangan, menggunakan public transport agar mengurangi polusi udara, melakukan campaign dan aktif menjadi relawan dalam kegiatan positif misalnya menanam pohon bersama, turun langsung dalam memberikan bantuan pada orang miskin dan masih banyak hal lagi. Sebenarnya YOTers, banyak yang bisa kita lakukan untuk menyelamatkan bumi yang sudah semakin tua. Tinggal bagaimana kita memilih kegiatan yang sekiranya kita gemari. Have Fun!

 
  




By : Eriska Nugrahani

Posted on September 18, 2015 read:83

  • YOT New Edition + T-Shirt

    IDR 149,500




  • rss 
  • youtube 
  • instagram 
  • facebook 
  • twitter