Siapkah Kita Bersaing di Era MEA?

Sobat YOTers, Young On Top Campus Roadshow di pekan ini telah terlaksana di kampus Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama) di Jl. Hang Lekir I No 8, Senayan. Tema Campus Roadshow ini adalah Masyarakat Ekonomi ASEAN: Dare To Lead, Dare To Compete. Menghadirkan dua orang pembicara yang masih berusia muda dan kapabel di bidangnya, yaitu Azizon selaku founder IndoMEA, dan juga Jonathan Christian Susanto selaku founder inspiratorfreak.com. Kedua pembicara berhasil membius audiens.

                Acara dibuka dengan sambutan dari Bapak Wakil Dekan, yang mensupport kegiatan yang diadakan oleh Young On Top bekerjasama dengan Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama). Beliau menganggap penting kegiatan ini sebagai bentuk motivasi untuk para mahasiswa Prof. Dr. Moestopo. Lalu, dilanjutkan sambutan oleh saya sebagai perwakilan dari Vice Project Officer Young On Top Campus Roadshow. Saya pribadi dalam sambutan menekankan pentingnya learn and share, yang mana sudah semestinya dapat dilakukan oleh para peserta agar kebermanfaatan dari acara ini tak hanya dirasakan oleh para peserta.

                Pembicara pertama yaitu Azizon, selaku founder dari IndoMEA. Azizon yang memiliki latar belakang lulusan Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia kini juga aktif sebagai asisten dosen dan peneliti di almamaternya tersebut. Azizon menyampaikan betapa MEA merupakan sebuah peluang yang harus dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya. Hal ini didukung dengan berbagai statistic dari sudut pandang ekonomi, yang mana menunjukkan bahwa jika Indonesia mampu mempersiapkan diri dengan baik, maka dapat meningkatkan kesejahteraan para penduduknya secara ekonomi. Azizon pun menjelaskan bagaimana peran pemuda dalam menyongsong MEA, dan dirinya pun telah melangkah kongkrit melalui organisasi IndoMEA yang ia dirikan, guna mengedukasi masyarakat Indonesia guna menghadapi MEA.

                Lalu, pembicara kedua adalah Jonathan Christian Susanto, founder inspiratorfreak.com. Jonathan mengungkapkan kegelisahannya akan bagaimana Indonesia menjadi sebuah Negara yang sangat konsumtif, namun di satu sisi juga sangat tidak produktif. Ia melihat ini menjadi ancaman yang nyata apabila Indonesia dan masyarakatnya terus menerapkan pola hidup konsumtif, yang diperparah konsumtif tersebut terhadap produk-produk luar negeri. Jonathan juga  memberikan tips-tips bagi para peserta agar dapat bersaing nantinya, baik sebagai pelajar, profesional, ataupun entrepreneur. Di sinilah Jonathan menekankan beberapa di antaranya adalah pentingnya sertifikasi sesuai profesi masing-masing, kecakapan dalam berbahasa Inggris, dan juga pentingnya untuk think globally and act locally.

                Secara umum, antusiasme dari para peserta terbilang baik. Hal ini terindikasi dari jumlah penanya yang mencapai tiga orang tiap pembicara. Para peserta yang bertanya menunjukkan antusiasme yang luar biasa, terkait dengan Masyarakat Ekonomi ASEAN.

Sebagai penutup, tentunya kita harus bisa mempersiapkan diri menghadapi MEA. Sebagaimana quotes menarik dari pembicara Azizon saat membawakan materinya:“MEA harus kita hadapi sebagaimana kita menghadapi pernikahan, jangan kita takutkan tetapi harus kita persiapkan” :)

See You On Top!

 

Agung Tyanto

YOT Campus Ambassador Batch 6

Universitas Indonesia

@aryhr

  




By : Ibnu Putrama Agung Tyanto

Posted on December 12, 2015 read:90

  • YOT New Edition + T-Shirt

    IDR 149,500




  • rss 
  • youtube 
  • instagram 
  • facebook 
  • twitter