Sibuk apa Sibuk?

Jangan pernah merasa paling sibuk, apabila masih memiliki waktu untuk tidur enak”

Tagline di atas saya dapat dari teman saya sesama campus ambassador, Ary Nuris. Mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) tersebut post quote ini di website Young On Top (YOT). Sekali beca, saya langsung tertarik. Entah kalimat tersebut berasal dari pemikiran dia sendiri atau bukan, yang jelas kalimat tersebut menarik untuk dibahas.

Berdasarkan pengalaman pribadi, saya seringkali mendengar rekan-rekan bicara kalau mereka sibuk sekali seakan-akan tak ada yang lebih sibuk dari mereka. Presidenpun kalah sibuk! Namun, di dunia lain, mereka tetap eksis. Mereka update sedang makan di resto kenamaan di media sosial path. Tak hanya itu, mereka juga mengunggah foto saat makan di Instagram. Sibuk? Ah, sibuk makan kali....

Kalimat tersebut juga menyindir saya yang pernah excuse sibuk saat diberi amanah. Saya malu membaca kalimat tersebut sekaligus malu pernah melakukan hal seperti itu. Rasanya saya seperti tidak bersyukur atas banyaknya waktu yang Tuhan sediakan untuk saya dalam kehidupan ini. Benar, saya kan masih ada waktu tidur, kok ngaku sibuk?

Memang benar jika tidur adalah sebuah kebutuhan. Namun, bukankah amanah harus dipertanggungjawabkan? Jika kita mengemban amanah namun kita enggan melaksanakannya dengan alasan ‘sibuk’, padahal di sisi lain kita masih bisa tidur enak, bukankah namanya kita tidak bertanggung jawab? Ah, dengan tugas saja tidak bertanggung jawab, bagaimana nanti dengan pasangan hidup? Aih.

Sering kita merasa bahwa 24 jam dalam sehari tidak cukup jika dibandingkan banyaknya tugas yang harus dikerjakan. Namun, sadarkah kita bahwa sebenarnya kita tidak benar-benar sibuk? Coba kita merenung, pasti ada sedetik dua detik waktu longgar dalam sehari. Jika tidak, mungkin semenit dua menit, atau bahkan sejam dua jam? Saya kira jika kita memiliki skala prioritas dan berkomitmen kepada tugas tersebut, kita akan meluangkan waktu untuk hal tersebut. Sibuk, bisa jadi hanya sebuah alasan. Semoga kita semua tidak gampang excuse lagi, ya!

Ahmad Zulfiyan @azulfiyan

  




By : Ahmad Zulfiyan

Posted on December 04, 2015 read:115

  • YOT New Edition + T-Shirt

    IDR 149,500




  • rss 
  • youtube 
  • instagram 
  • facebook 
  • twitter