Sikap Menghadapi MEA

Sadarkah kita bahwa kini kita berada di penghujung tahun 2015?! Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) kini ramai diperbincangkan karena kedatangannya. Bagaimana kita harus bersikap? Lihat peluang dan manfaat dibandingkan ancaman dan ketakutan! Berikut beberapa refleksi diri masyarakat Indonesia yang seharusnya kita pikirkan bersama-sama dalam mengambil sikap bijak dan bertindak di era MEA: 

 

100% Local

Bagaimana orang luar negeri mau bangga menggunakan produk Indonesia jika orang Indonesia  tidak suka dan tidak mau memakai produk lokal? Ingin menang di era MEA? Indonesians, you must love your own products! Berikan contoh untuk negara tetangga bahwa kita tidak hanya sekedar percaya bahwa produk negara kita berkualitas, tetapi juga memiliki daya saing yang tinggi. Mari, kita tingkatkan kembali rasa nasionalisme. Bila kalian berandai-andai mengapa bangsa Jepang bisa sukses dengan Toyota, Daihatsu, dan perusahaan lainnya yang berhasil memasuki pasar dunia, hal tersebut memang dikarenakan mentalitas rakyat Jepang sudah terbentuk sejak lama dengan bangga menggunakan produknya sendiri! Bahkan, mereka enggan menggunakan bahasa Inggris atau bahasa luar karena cinta dengan bahasanya.

 

Be a Smart Consumer

Think further (not just about a product) before you buy. Sebelum membeli suatu produk, seorang konsumen akan dihadapkan oleh sebuah pilihan, keputusan berada di tangan konsumen. Sewaktu uang di-spend dalam membeli produk, pikirkan ulang apakah uang yang kita keluarkan akan lari ke dalam negeri atau justru ke luar negeri? Beli produk untuk kemajuan bangsa sendiri. 

 

Be the Player in Industry

Indonesia dijadikan sektor market yang strategis oleh negara lain. Oleh sebab itu, orang Indonesia juga harus menjadi pemain di dalam industri daripada hanya menjadi konsumen dan membeli saja. Meskipun kita profesional, kita harus memiliki jiwa entrepreneur.

 

Be Unique, Be Strong, Be Different

Indonesia harus mempunyai identitas atau jati diri yang berbeda dengan negara lainnya, produk  Indonesia harus diakui oleh konsumen dengan sertifikasi dan award. Indonesia sebenarnya memiliki potensi-potensi sumber daya yang dapat dikembangkan dan khas, tidak head to head dengan komoditi dari negara lain, tinggal bagaimana cara memproses dan mengemas produk menjadi lebih menarik masih perlu dikembangkan. 

 

  




By : Levina Caroline

Posted on November 21, 2015 read:42

  • YOT New Edition + T-Shirt

    IDR 149,500




  • rss 
  • youtube 
  • instagram 
  • facebook 
  • twitter