Sinopsis Buku Young On Top New Edition

Gambar sederhana, pesawat terbang dari kertas itu cukup sering terlihat di berbagai media. Warna kuning polos tanpa corak sedikitpun menjadi ciri khas yang membuatnya terlihat mencolok pada rak-rak buku di berbagai toko buku yang kita datangi..

Saya baru benar-benar membeli buku itu, saat ia sudah berjudul Young On Top New Edition. Ketertarikan itu muncul setelah saya menghadiri YOT Roadshow di Perpustakaan Pusat UI, awal tahun 2013 lalu. Ketika itu saya melihat, mendengar, bertanya, dan bertemu langsung dengan penulisnya, Billy Boen. Malamnya, buku itu sudah berada di tangan saya. And this is what I really wanna tell you about this book, YOTers..

Setiap orang yang ada di dunia ini tentu menginginkan kesuksesan. Walaupun pemahaman masing-masing orang tentang kesuksesan berbeda-beda, satu hal yang jelas adalah kita akan merasa sukses ketika kita sudah berada pada tahap dimana kita merasa senang, tenang, dan nyaman. Namun fakta menunjukkan bahwa dari miliaran orang yang sedang bekerja atau akan memasuki dunia kerja, hanya 2% yang mampu mencapai puncak karir. Apa yang terjadi pada 98% lainnya?

Dalam buku ini penulis memberikan 35 tips penting yang bisa kita lakukan untuk mencapai kesuksesan dalam karir. Tips-tips yang diberikan relatif sederhana namun sangat bermakna, sehingga bisa lebih mudah dipahami dan dijalankan oleh anak muda. Hal ini sesuai dengan mimpi besar penulis agar lebih banyak orang yang bisa meraih sukses di usia muda, seperti yang sering dirangkumnya dalam sebuah kalimat menarik nan provokatif, “Kalau bisa sukses di usia muda, kenapa harus nunggu tua?”

35 tips yang ada terbagi dalam 4 bagian. Bagian 1 terdiri dari tips 1-12, yang menceritakan pada kita tentang kualitas individu yang harus ada dalam diri kita. Bagian 2 terdiri dari tips 13-25, yang menceritakan tentang bagaimana menyuguhkan performa yang baik di dunia kerja. Bagian 3 terdiri dari tips 26-34, yang menceritakan tentang hal-hal ekstra yang harus kita miliki untuk menunjang, mengembangkan, dan melengkapi kualitas individu yang baik serta performa kerja yang apik. Dan bagian 4 mengingatkan kita bahwa diri kita masing-masing adalah pusat dari semua kejadian di hidup kita, bahwa kita akan menuai apa yang kita tanam. Menurut saya, secara keseluruhan semua yang ada dalam buku ini dikemas dalam alur yang tepat, sehingga mampu membangun pikiran kita sedikit demi sedikit menuju pribadi yang berkualitas untuk mencapai kesuksesan.

Hal lain yang menurut saya membuat buku ini sangat bermanfaat dan layak direkomendasikan adalah dengan adanya contoh-contoh nyata di setiap poin, yang membuat kita lebih memahami dan lebih percaya bahwa apa yang disampaikan oleh penulis bukan sekedar teori-teori belaka. Ini mengingatkan saya pada buku-buku John C. Maxwell tentang kepemimpinan dan kesuksesan, yang berisi berbagai contoh dan pengalamannya tentang apapun yang dijelaskannya, namun YOTNE ini adalah suatu versi yang jauh lebih simpel, lebih mudah dipahami, dan lebih mudah dilaksanakan, karena penulis membuatnya benar-benar ala anak muda.

Selain itu, Young On Top New Edition mungkin merupakan salah satu pelopor penggunaan gaya menulis yang berbeda diantara buku-buku sejenisnya di Indonesia. Saat buku-buku lain yang berbicara tentang kesuksesan dengan bahasa tingkat tinggi, penulis memilih untuk memakai bahasa yang lebih ringan dan mengalir. Mungkin karena memang targetnya adalah anak muda. Membaca buku ini terasa seolah-olah mendengar Billy Boen berbicara langsung kepada kita. Hal itu membuat kita menjadi lebih nyaman dalam membacanya.

Ada satu bagian yang menurut saya paling menarik, karena saat membacanya saya seakan kembali ke masa sekolah yang penuh semangat, optimisme, selalu ingin melakukan yang terbaik, suka ataupun tidaknya saya terhadap hal itu. Ya, itulah tips pertama yang akan kita temukan kalau kita membaca buku ini secara berurutan dari halaman pertama : “Love What You Do”. Di bagian ini, Billy Boen benar-benar mengelaborasi dengan sangat baik pentingnya menemukan passion sejak dini, berkarya sebesar-besarnya sesuai apa yang kita sukai, dan di lain pihak mampu bersyukur dan mencoba mencintai hal yang kita kerjakan apabila menemukan hal yang kurang sesuai passion. Life is great, isn’t it? J

Adapun bagian tersebut sangat menginspirasi saya --yang kebetulan membacanya hampir bersamaan dengan buku “Your Job Is Not Your Career”-nya Rene Suhardono-- untuk benar-benar memahami dan mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Setelah beberapa lama bahkan saya merasa prinsip ini begitu melekat di diri saya hingga membantu saya untuk membuat video berikut, sebagai salah satu penunjang pelaksanaan tugas saya untuk pengembangan diri pengurus di organisasi yang saya ikuti tahun lalu, BEM FMIPA UI 2013.

Membaca buku adalah suatu kewajiban bagi kita untuk selalu memperkaya diri dengan berbagai hal, dari berbagai aspek kehidupan, tentu untuk kehidupan kita yang lebih baik. Seperti kata pepatah, buku adalah jendela dunia, buku Young On Top New Edition ini adalah salah satu jendela yang besar, unik, simpel, bermakna, yang akan mengantarkan kita ke dunia yang lebih luas, dan semoga ke sebuah dunia yang jauh lebih indah : kesuksesan! J

  




By : Yuza Mulia

Posted on March 21, 2014 read:288

  • YOT New Edition + T-Shirt

    IDR 149,500




  • rss 
  • youtube 
  • instagram 
  • facebook 
  • twitter